spot_img
Saturday, July 5, 2025
spot_img

Festival Jajanan Pasar

Bantu Kenalkan UMKM Pasar Tawangmangu

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Kedai UMKM terbantu melakukan promosi dengan adanya event Festival Jajanan Pasar persembahan Bank Indonesia Malang. Seperti yang dirasakan salah satu kedai UMKM di Pasar Tawangmangu, yakni Titik Temu Coffee.

Owner Titik Temu Coffee, Ana, menjelaskan kedai kopinya memang belum lama hadir di Pasar Tawangmangu. Karena itu membutuhkan banyak promosi dan inovasi. Dan event festival yang digelar 23-30 April ini bisa menjadi jalannya. ‘’Kami baru buka 19 April ini, jadi memang kegiatan ini bisa mengenalkan produk kami ini yang baru,’’ papar Ana.

Ia melanjutkan, dengan berpartisipasi di Festival Jajanan Pasar, pengunjung mendapatkan potongan minimal Rp 25 ribu (atau 10 persen) dengan menggunakan QRIS BRI. Ini juga bisa menguntungkan, karena pengunjung bisa lebih tertarik membeli.

Festival Jajanan Pasar di Pasar Tawangmangu tidak hanya memberi manfaat kepada Kedai Titik Temu saja, tetapi  juga UMKM lainnya seperti Koppi Boas, Kopi Samyong, Mie Marem Jaya, TWG Kopi, Kopi Senja Mataram, Satya Saninda, dan kedai Selera Nusantara.

Malang Posco Media

Tidak hanya di Pasar Tawangmangu, pasar rakyat lainnya yakni Pasar Klojen, Pasar Oro-Oro Dowo dan Pasar Sawojajar juga menjadi lokasi diadakannya festival. Lebih dari 111 UMKM berpartisipasi dalam acara ini.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Malang, Febrina menjelaskan event ini diselenggarakan sebagai bagian dari Road to Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2025. Selain itu juga untuk merayakan HUT Ke 111 Kota Malang.

“Dan ini juga menjadi bentuk dukungan nyata kami terhadap UMKM Kuliner khas Malang dan pelestarian tradisi jajanan pasar yang kaya rasa dan cerita,” tutur Febrina.

Selain itu rangkaian Festival Jajanan Pasar juga memberikan kesempatan warga untuk mengikuti “Reels Challenge” dan “Foto QRIS Moment”. Nantinya di masing-masing lomba akan dipilih 20 peserta untuk mendapatkan sovenir menarik dari Bank Indonesia Malang.

Untuk Reels Challenge, peserta cukup membuat video reels yang menceritakan serunya jajan di Festival Jajanan Pasar, durasi video maksimal 1 menit, upload di IG dan tag @bank_indonesia_malang lalu sertakan hastag #festival_jajanan_pasar_malang_2025 pada caption. Sedangkan Foto QRIS Moment, cukup tunjukkan ekspresi foto di depan salah satu tenant dengan menampilkan bagian banner Festival Jajanan Pasar Malang dan bertransaksi menggunakan QRIS. Upload di IG dan tag @bank_indonesia_malang lalu sertakan hastag #festival_jajanan_pasar_malang_2025 pada caption. Dalam rangka perluasan akseptasi digital, selama festival berlangsung Bank Indonesia Malang juga mengadakan kompetisi antar UMKM. UMKM diharapkan turut serta mendorong perluasan akseptasi digital melalui  transaksi pembayaran QRIS. Bagi 10 UMKM dengan volume transaksi QRIS tertinggi akan mendapatkan reward dari Bank Indonesia.(ica/nda)

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img