spot_img
Thursday, February 22, 2024
spot_img

Baru Dua CJH Lunasi Bipih, Kemenag Targetkan Pelunasan Senin Mendatang

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, BATU – Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batu menargetkan pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) kepada seluruh calon jamaah haji (CJH) tahap 1 selesai pada Senin (29/1) mendatang. Kendati demikian, CJH yang telah melakukan pelunasan di bank belum melapor ke Kemenag Kota Batu.   

Kasi Penyelenggara Ibadah Haji dan Umroh Kemenag Kota Batu, Basuki Rachmat mengatakan dari 140 CJH terdapat dua CJH yang telah melakukan pelunasan Bipih hingga Rabu (23/1) kemarin. Namun CJH ini disebut Basuki belum melapor ke Kantor Kemenag Kota Batu. Sedangkan, CJH lainnya masih proses pemeriksaan tes kesehatan oleh Dinas Kesahatan (Dinkes) Kota Batu.

“CJH sudah ada yang melakukan pelunasan. Tapi belum melapor. Insyaallah hari ini (kemarin) ada dua yang akan melunasi,” ujar Basuki ditemui Malang Posco Media di kantornya. Dari yang awalnya 140 CJH, sambungnya, terdapat 7 orang yang berkurang disebabkan karena ada yang meninggal, sakit, maupun mengundurkan diri. Sementara itu, CJH cadangan terdapat 54 jamaah.

“Tujuh jamaah berkurang dari aslinya 140 CJH. Sedangkan 54 jamaah cadangan tetap mengikuti istitoah,” jelasnya. Dilanjutkan Basuki, pelunasan Bipih dilakukan dua tahap. Yaitu tahap 1 dimulai sejak 10 Januari sampai 12 Februari mendatang. Sedangkan tahap 2 dimulai sejak 5 Maret sampai 25 Maret mendatang.

Dipaparkan Basuki, CJH dapat melunasi Bipih di bank apabila sudah menjalani pemeriksaan kesehatan dan dinyatakan memenuhi syarat istitoah kesehatan. Setelah itu, CJH yang sudah melakukan pelunasan melapor ke Kemenag Kota Batu. Basuki menambahkan bila tes kesehatan dilakukan di puskesmas masing-masing kecamatan.

“Kami juga sudah melakukan sosialisasi kepada CJH dari sebelumnya. Dan rencananya akan kami sosialiasikan lagi awal bulan Februari nanti,” tandasnya. Terpisah, Kabid Pencegahan, Pengendalian Penyakit, dan Penanganan Bencana Dinkes Kota Batu, dr. Susana Indahwati membeberkan, terdapat 94 CJH sudah melakukan tes kesehatan Rabu (24/1) kemarin. Sedangkan 48 CJH lainnya dijadwalkan hari ini, Kamis (25/1).

“Total hasilnya keluar Jumat (26/1). Kemudian Senin ( 29/1) mendatang baru bisa diketahui berapa istitoah nya,” ujar Susan. Sementara itu, Dinkes Kota Batu menyatakan satu jamaah tidak bisa berangkat karena stroke. Kendati demikian, belum ada kendala terhadap CJH lainnya. “Untuk sementara belum ada kendala dengan CJH terkait tes kesehatan,” pungkasnya. (den/eri)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img