spot_img
Sunday, March 3, 2024
spot_img

Batu Shining Orchid Weeks 2023, Pamerkan Koleksi Anggrek Langkah dari Berbagai Daerah dan Luar Negeri

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, KOTA BATU – Pemerintah Kota Batu bersama dengan Persatuan Anggrek Indonesia (PAI) Jawa Timur dan Kota Batu kembali menyelenggarakan Batu Shining Orchid Weeks 2023. Batu Shining Orchid Week merupakan pameran anggrek nasional yang merupakan rangkaian Hari Jadi Ke-22 Kota Wisata Batu. Pameran ini digelar selama 10 hari, mulai 2-9 Desember 2023 di Balai Kota Among Tani Batu.

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai mengatakan bahwa salah satu semangat dalam penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk terus mengenalkan Kota Batu sebagai kota wisata dan kota bunga. Selain itu pameran berskala nasional ini diadakan untuk membangkitkan gairah budidaya bunga Anggrek di Jawa Timur dan Indonesia utamanya dalam membuka potensi pengembangan pasar anggrek di era digital ini.

“Penting lagi bahwa event ini juga sebagai wadah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional di sektor pertanian dengan mengajak publik untuk kembali melirik anggrek sebagai potensi pengembangan ekonomi berbasis go green. Dengan begitu kegiatan ini juga menjadi upaya Pemkot Batu untuk mendorong menciptakan wirausaha bagi generasi muda dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar Aries kepada Malang Posco Media.

Bukan hanya sekedar pameran dan transaksi, namun dalam event para peserta menampilkan berbagai jenis anggrek seperti Dendrobium, Cattleya, Vanda, Phalaenopsis, Paphiopedilum, Oncidium, dan Grammatophyllum. Kemudian ada juga kompetisi landscape anggrek, yang mana event ini memberikan kesempatan pada para petani anggrek untuk memamerkan keahliannya dalam melakukan persilangan anggrek.

Anggrek yang dibawa peserta juga akan dilombakan dengan menghadirkan juri panel yang akan didatangkan dari tokoh-tokoh terkemuka, baik di tingkat nasional maupun internasional. Serta dalam pembukaan diramaikan dengan fashion show busana bertema anggrek, merangkai bunga hingga berbagai atraksi menarik bagi masyarkat yang hadir.

“Di segi ekonomi, saya yakin selama delapan hari pameran akan terjadi perputaran ekonomi yang sangat besar dan berdampak signifikan pada pertumbuhan ekonomi daerah. Termasuk jumlah kunjungan wisata bagi pecinta anggrek yang ingin menyaksikan pameran kali ini,” ungkapnya.

Perlu diketahui bahwa Batu Shining Orchid Weeks 2023 yang digagas oleh Pemkot melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu ini digelar rutin setiap tabun sejak 2017. Namun sempat terhenti karena pandemi dan kembali digelar tahun 2022 lalu. Bahkan di tahun lalu mampu menghasilkan perputaran mencapai Rp 16 miliar. (adv/eri/udi)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img