spot_img
Saturday, July 20, 2024
spot_img

Bawaslu Mulai Awasi Media Sosial

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Sejumlah kerawanan jelang Pemilu 2024 menjadi atensi Bawaslu Kabupaten Malang. Beberapa potensi mulai dipetakan untuk langkah antisipasi. Salah satunya melakukan pengawasan media sosial.

- Advertisement -

Antisipasi dilakukan baik pada gelaran Pemilihan Legislatif (Pileg), Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Pergerakan media sosial, menurut Ketua Bawaslu Kabupaten Malang, Wahyudi menjadi salah satu sorotan utama.

Dalam hal ini Bawaslu juga bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Malang. “Konsentrasi Bawaslu nanti akan mengawasi dan memantau pergerakan media sosial yang memuat kampanye,” katanya, kemarin.

Dikatakan, pihaknya juga akan memetakan kerawanan yang kemungkinan muncul pada setiap tahapan. Sebab menurutnya, dalam setiap tahapan pada proses Pemilu, juga memiliki tingkat kerawanannya masing – masing. “Misalnya, saat tahapan verifikasi faktual, dapil mana yang mungkin rawan,” imbuh dia.

Wahyudi mengatakan, dalam media sosial secara khusus dirinya berupaya untuk meminimalisir adanya berita bohong atau hoaks, ujaran kebencian dan SARA. Kepada Diskominfo, dirinya juga meminta untuk bisa memantau akun – akun tidak bertangung jawab yang berpotensi mengunggah ketiga hal tersebut. (tyo/mar)

- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img