spot_img
Thursday, September 19, 2024
spot_img

Bentuk Komunitas Influencer Dongkrak Pariwisata

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA – Terkini jagad media sosial dipenuhi dengan influencer yang pandai membuat isi konten menjadi lebih menarik. Bahkan, tak jarang, hal tersebut memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap pemasaran produk maupun jasa. Seperti yang dilakukan oleh trio CasCisCus, yang terdiri dari Raisya Amalia, Pandu Genta dan Renata Angel kerap mendapat endorsement dari produk maupun jasa wisata. Tak jarang, dari konten yang mereka buat, banyak mendatangkan keuntungan bagi sang pemilik usaha lantaran produk mereka akhirnya banyak diminati masyarakat.

Melihat peluang tersebut, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang tak ingin menyia-nyiakan kesempatan. Mereka menggeber acara bertajuk Con.Create (Content Creator Academy) yang diadakan pada 18 Juni 2022 lalu. Dalam kegiatan ini, Disparbud Kabupaten Malang memberikan kesempatan bagi masyarakat, utamanya anak muda yang ingin belajar untuk membuat konten. Salah satu caranya dengan memanfaatkan potensi wisata di Kabupaten Malang. Tak hanya itu, para peserta diberikan kesempatan untuk melakukan praktik membuat konten secara langsung di Shanaya Resort, 28-29 Juni 2022.

Mereka memanfaatkan spot yang telah disediakan. Seperti area cooking class, permainan UNO dan painting bagi anak-anak, glamping hingga fasilitas sepeda dan sojan. Dalam kegiatan tersebut, para peserta akan mengikuti kelas Content Principal yang mengajak mereka mengenal definisi content creating, mengenal profesi, proses bisnis dan sumber pendapatan content creator, mengenal perbedaan karakteristik platform digital serta mengenal genre/niche konten.

Kemudian, terdapat kelas Con.Create Mindset yang mengajak peserta untuk memahami etika dalam pembuatan konten, orisinalitas, copyright dan regulasi UU ITE, memahami soft skill content creator (growth mindset, time management), memahami strategi pemasaran konten dan membangun interaksi dengan stakeholder, memahami keterampilan komunikasi (networking, dealing, lobbying) hingga memahami personal branding.

Selain itu, peserta juga akan mengikuti kelas Content Planning, yang akan mengajarkan peserta teknik riset konten, melakukan ide konten, pemilihan target pemasaran konten dan platform, serta membuat naskah storyboard.

Terakhir, yakni Content Execution yang mengajarkan peserta tentang workflow produksi, persiapan dan instalasi gear, persiapan set (venue, wardrobe, talent), shot techniques, highlight, lighting, angle hingga motion.

Plt Kepala Disparbud Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara menjelaskan, puluhan peserta yang mengikuti kegiatan tersebut akan menjadi bagian dari komunitas yang dibentuk oleh Disparbud Kabupaten Malang.

Selain itu, nantinya, komunitas tersebut akan rutin #ngontenbareng dengan Disparbud Kabupaten Malang ke area wisata. Seperti pantai, resort, kuliner dan lainnya.

“Tujuan akhir dari kegiatan ini untuk membentuk komunitas konten kreator lokal Malang Raya, untuk menunjang daya tarik wisata di Kabupaten Malang dan turut memberikan kontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasional (PEN),” tandas dia.

Sementara itu, CEO Ngalup Collaborative Network, Andina Paramitha berharap, para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut bisa meningkatkan skill dan kreativitas dalam menghadapi digitalisasi.

“Kami sangat mendukung program ini. Harapannya, para peserta bisa membuat konten dan membantu pemulihan pariwisata dan ekonomi secara nasional. Tentunya, bisa menambah value untuk dirinya sendiri,” tandas dia. (ira/ggs)

- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img