spot_img
Sunday, March 3, 2024
spot_img

Berat Barang Bawaan Pengaruhi Kondisi Sepeda Motor

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Motor menjadi salah satu kendaraan yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Menjadi salah satu pilihan transportasi yang efisien, motor banyak dipakai untuk menunjang aktivitas dan kebutuhan masyarakat. Bahkan tak sedikit yang menjadikannya sebagai pilihan utama untuk menemani pekerjaan sehari-hari maupun memenuhi kebutuhan pekerjaan lapangan seperti kurir ataupun teknisi lapangan.

Banyaknya intensitas penggunaan kendaraan bermotor di jalanan, Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim, Mizdianto berbagi tips #Cara Aman ketika membawa barang saat berkendara dengan motor. pertama pastikan barang bawaan tidak melebihi kapasitas atau standar kendaraan bermotor. Pada buku panduan pemilik kendaraan, tercantum berapa beban maksimal yang dapat dibawa.

“Membawa barang bawaan yang terlalu berat dapat berdampak pada kondisi suspensi atau shockbreaker motor menjadi rusak. Ditambah beberapa komponen mesin maupun ban bisa terkena dampak dari kelebihan muatan itu,” ujarnya.

Selain itu, lebar barang juga harus disesuaikan, salah satunya tidak melebihi stang motor. Hal ini untuk mempermudah ruang gerak pengemudi, jika berlebih akan berpotensi menyenggol pengguna jalan lain yang mengakibatkan hilangnya keseimbangan.
“Begitu juga barang bawaan tidak boleh melebihi tinggi dari pengemudi, sama saja ini juga akan berpengaruh pada keseimbangan pengemudi jika barang muatannya berlebihan,” terangnya.

Kondisi jalan yang tidak mulus juga harus diantisipasi, salah satunya dengan mengikat kuat barang bawaan. Kondisi jalan rusak terkadang membuat barang bawaan berpotensi mengganggu keseimbangan bahkan bisa saja jatuh sewaktu-waktu. Sehingga perlu untuk memastikan barang telah diikat secara kuat pada motor.

Lebih jauh, ia juga berpesan agar barang yang dibawa tidak menutupi lampu-lampu yang ada. Jika barang bawaan ada di belakang, harus dipastikan terlebih dahulu barang tersebut tidak menutupi lampu sein maupun lampu rem. Keduanya merupakan bagian penting untuk menyampaikan informasi kepada pengendara lain ketika akan mengurangi kecepatan atau berbelok.

“Keselamatan dalam berkendara harus menjadi prioritas, termasuk ketika membawa barang bawaan, Perlu untuk dipahami dan dipraktekkan pentingnya pengetahuan tentang membawa barang bisa berlatih di MPM Safety Ridding Centre yang dipandu oleh Instruktur Safety Riding yang telah memiliki sertifikasi,” tandasnya. (adm/aim)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img