spot_img
Friday, May 24, 2024
spot_img

Berbagai Metode Pembuatan Es Kopi di Rumah Menggunakan Peralatan Sederhana

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Ketika cuaca sedang panas, banyak penggemar kopi memilih untuk menikmati es kopi. Namun, kadang-kadang kopi panas, bahkan yang diseduh dengan mesin kopi terbaik, jika dibiarkan dingin secara perlahan hingga mencapai suhu ruangan, dapat menjadi pahit dan asam.

Dikutip dari Insider pada hari Jumat, 15 September, berikut beberapa cara penyeduhan yang dapat Anda gunakan dengan peralatan yang tersedia di rumah untuk membuat es kopi.

1. Cold brew (kopi seduh dingin)

Cold brew telah menjadi es kopi paling umum di kafe dan toko kelontong. Pembuatannya tidak memerlukan peralatan khusus. Cold brew dapat dengan mudah diproduksi dalam jumlah besar, dan dapat disimpan dalam wadah kedap udara di lemari es hingga dua minggu.

Cara membuat

a. Giling biji kopi menggunakan gilingan kasar untuk memastikan penyaringan lebih mudah dan lebih sedikit butiran pasir.

b. Masukkan kopi bubuk Anda ke dalam wadah menyeduh seperti stoples atau teko kaca besar apa pun yang memiliki penutup bisa digunakan dengan baik. Gunakan perbandingan satu bagian kopi dengan delapan bagian air.

c. Tuang air suhu ruang hingga kopi tertutup semua.

d. Saring kopinya menggunakan penyaring kopi yang tersedia. Jika Anda tidak memiliki penyaring kopi, gunakan saringan dapur dan kain katun tipis.

e. Minuman kopi dingin seringkali terlalu pekat sehingga perlu diencerkan dengan air atau susu. Sajikan di atas es. 

2. Pembuat kopi tetes (coffee drip maker)

Cara membuat:

a. Giling kopi Anda sesuai spesifikasi pabriknya. Pembuat kopi tetes biasanya membutuhkan kekasaran sedang.

b. Isi pembuat kopi tetes dengan air setengah dari jumlah biasanya.

c. Isi teko dengan es sama dengan jumlah air yang ditambahkan ke dalam wadah. Saat kopi diseduh, kopi akan diencerkan dengan baik oleh es. Gunakan timbangan dapur untuk mencocokkan jumlah es dan air.

d. Seduh kopi seperti biasa.

e. Pada saat proses penyeduhan selesai, kopi akan didinginkan oleh es dan siap disajikan segera.

3. Pour-over iced coffee

Membuat es kopi dengan alat tuang sangatlah mudah. Isi wadah pembuatan kopi Anda dengan es, lalu gunakan setengah jumlah air panas saat menyeduh. Saat kopi panas menyentuh es, kopi akan meleleh dan mengencerkannya, sehingga menghasilkan minuman yang seimbang.

Dengan penyeduhan manual seperti ini, Anda dapat mengontrol setiap variabel penyeduhan, yang berarti dapat menyesuaikan kopi agar sesuai dengan selera Anda. Dimungkinkan juga untuk menyeduh dalam jumlah yang lebih besar dengan perangkat tuang.

4. Mesin kopi Keurig

Beberapa Keurig baru telah didesain untuk pengaturan es kopi. Jika tidak memiliki opsi tersebut, Anda dapat menggunakan mesin seperti biasa, cukup masukkan es ke dalam cangkir tempat Anda menyeduh.

Keurig adalah pembuat kopi satu porsi, jadi jika Anda ingin membuat es kopi untuk kelompok, metode cold brew atau pour over akan lebih baik untuk jumlah yang lebih besar.

Isi wadah penampung air di mesin Keurig, dan masukkan rasa kopi kesukaan anda ke tempat yang disediakan.

Pilih metode penyeduhannya dan kopi bisa siap dinikmati.

5. Aeropress

Aeropress adalah salah satu perangkat paling populer untuk menyeduh kopi secara manual di pasaran saat ini. Seperti halnya pour over, ini adalah sistem pembuatan kopi manual.

Prosesnya agak unik, tetapi dasar-dasarnya sama. Petunjuk ini untuk membuat satu porsi es kopi dengan Aeropress menggunakan metode penyeduhan standar Aeropress.

Cara membuat:

a. Panaskan air hingga antara 195 dan 205 derajat Fahrenheit (90-96 derajat celsius). Aeropress membuat kopi lebih pekat, jadi Anda tidak perlu menyesuaikan jumlah air yang digunakan.

b. Untuk Aeropress, gunakan gilingan yang sangat halus, sedikit lebih kasar dari gilingan espresso.

c. Isi cangkir sekitar setengahnya dengan es. Pastikan ada cukup ruang di dalam gelas agar kopi tidak meluap.

d. Basahi filter dan tempelkan ke bagian bawah ruangan dengan tutup plastik. Masukkan gilingan kopi ke dalam Aeropress dan letakkan di atas gelas.

e. Tuangkan air panas secukupnya ke atas gilingan kopi untuk merendamnya dan diamkan selama sekitar 30 detik.

f. Tuangkan sisa air panas dengan hati-hati dan aduk perlahan, pastikan kopi terendam seluruhnya.

g. Tempatkan pendorong dengan hati-hati di bagian atas Aeropress dan tekan perlahan ke bawah. Kopi akan mengalir melalui filter dan masuk ke dalam gelas. Tambahkan susu atau gula cair seusai selera. (ntr/mpm)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img