spot_img
Friday, March 1, 2024
spot_img

Berbagi Resep Menjadi Perusahaan Pemenang Ala Mulyono Rekso, Kanwil Pegadaian Jatim

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA – Ada banyak strategi agar perusahaan bisa mencapai puncak kinerja terbaiknya. Inilah yang ditulis Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) PT Pegadaian XII Surabaya (Jawa Timur) Mulyono Rekso. Pria kelahiran Purwokerto, Jawa Tengah ini menerbitkan buku yang berjudul “Pedoman Kantor Berkinerja Hebat dengan Sehat”.

Buku ini dilaunching Kamis (7/12) di Hotel Atria, Kota Malang, berbarengan dengan rapat kerja wilayah (rakerwil) Pegadaian Jawa Timur. Untuk diketahui, Mulyono yang sudah sekitar 33 tahun bekerja di PT Pegadaian, mulai awal tahun depan dipromosikan menjadi Direktur Utama Dana Pensiunan Pegadaian yang merupakan anak usaha milik PT Pegadaian.

Mulyono mulai menjabat sebagai Kanwil PT Pegadaian Surabaya (Jawa Timur) sejak awal 2022. Editor buku ini adalah Irham Thoriq, Chief Executive Officer (CEO) Tugu Media Group (tugumalang.id dan tugujatim.id) yang mengawali karir sebagai wartawan. “Ini adalah journey saya selama bertugas di Jawa Timur dalam bentuk buku, terima kasih Jawa Timur,” kata Mulyono Rekso.

Dalam Menyusun buku ini, Mulyono mewawancarai sejumlah Kepala Cabang dan Deputi Binis yang dinilai berkinerja bagus. Diantaranya yang diwawancara dia adalah Imam Syafi’i (Kepala Cabang Pegadaian Dinoyo Surabaya), Asror Maskuri (Deputi Bisnis Area Surabaya 1), Miftahul Jannah (Kepala Cabang Pegadaian Syariah Surabaya), Sutrisno (Deputi Bisnis Area Probolinggo), Nanang Siswanto (Kepala Cabang Pasuruan), Tyas Pancarismi (Kepala Cabang Manukan, Surabaya Barat), Kristianto (Kepala Cabang Kediri), dan Johni Murdi (Kepala Cabang Pamekasan).

Ada sejumlah pembahasan menarik yang dibahas dalam buku yang mempunyai 5 BAB ini. Diantaranya soal kehidupan karyawan yang seimbang, membuat perusahaan bisa memaksimalkan kinerjanya. Salah satunya ini yang disampaikan Asror Maskuri dalam buku tersebut. “Jika bekerja dengan bahagia, seperti mesin yang komponen-komponennya bekerja sangat baik,” kata Asror dalam buku tersebut.

Dalam buku ini, Mulyono juga menyarankan agar pimpinan di lingkungan Pegadaian untuk peduli kepada para karyawannya. Misal memberi reward bagi yang berhadiah, menggelar arisan antartim, dan memberi kepercayaan kepada karyawan, adalah beberapa hal yang dianjurkan dilakukan oleh pemimpin di Pegadaian.

Ini juga selaras dengan apa yang dianjurkan Dale Carnagie dalam bukunya “How to Win Friends & Influence People”. Dalam buku ini juga ada rumus 60/40 yang dicetuskan Mulyono setelah wawancara dengan Sutrisno (Deputi Bisnis Area Probolinggo). Rumus ini adalah bagaimana karyawan membagi waktunya yakni 60 persen untuk kesibukan kantor, dan 40 persen untuk kesibukan keluarga, hobi, sosial, dan lain-lain.

Salah satu bab dalam buku ini adalah ‘Strategi untuk Menjadi Pemenang’. Ada rumus 75/25, yang diperoleh Mulyono setelah wawancara Sutrisno. Maksunya adalah, 75 persen seorang deputi bisnis harus bekerja strategis, dan 25 persen bekerja teknis. “Untuk kepala cabang harus 75 persen bekerja teknis, dan 25 persen kerja strategis, dan kalau kepala departemen, 50 persen teknis dan 50 strategis,” imbuhnya.

Ada juga konsep soal meritokrasi ide, yakni PT Pegadaian selama ini mempunyai konsep meritokrasi ide yakni ide baik soal pengembangan bisnis bisa muncul dari mana saja. Inilah yang harus dijaga, bahwa pemimpin harus mau mendengar pendapat anak buahnya.

Ada cerita kreativitas juga yang diceritakan Nanang Siswanto, Kepala Cabang Pasuruan dalam meningkatkan produktivitas. Strategi tersebut adalah strategi gerbang yakni Gaspol Penerimaan Barang Gudang. Strategi ini muncul saat Nanang melihat ada asset yang belum dimaksimalkan di Pasuruan saat dia baru menjabat.

Karena inilah, dia menyediakan asset itu untuk menjadi gudang yang menerima gadai mobil. “Ketika itu banyak yang belum tahu bahwa mobil juga bisa digadaikan di PT Pegadaian, semenjak strategi ini, semakin banyak orang yang menggadaikan mobilnya,” kata Nanang sebagaimana ditulis dalam buku ini.

Ada banyak hal menarik dalam buku mungil ini, Mulyono juga bercerita beberapa prestasinya selama menjabat di PT Pegadaian. Buku ini bisa menjadi pedoman, tidak hanya bagi karyawan PT Pegadaian, tapi juga bagi perusahaan manapun yang ingin menjadi pemenang di era kompetitif ini. Bagi yang ingin memiliki buku ini, bisa menghubungi kontak admin berikut ini (081235302980). (adv/mar)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img