spot_img
Friday, March 1, 2024
spot_img

Berdayakan Warga Sukun, Yonantha Ajari Budidaya Maggot

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media, Malang-Terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan cara aktif melakukan berbagai pelatihan. Termasuk memberi pelatihan untuk melakukan budidaya Maggot yang mempunyai potensi bagus untuk terus dikembangkan kepada warga di Kecamatan Sukun Kota Malang.

Hal ini dilakukan Yonantha Christian Poernomo, tokoh pemuda yang juga Caleg DPRD Kota Malang tahun 2024-2029 Daerah Pemilihan (Dapil) IV Sukun dari Partai Gerindra, dalam mengisi masa kampanyenya saat ini.

Diungkapkan, budidaya Maggot tidak sulit untuk dikembangkan, karena Maggot berkembang biak dengan alami di alam sehingga mudah untuk mendapatkannya. Maggot juga bertahan hidup pada lingkungan tropis maupun subtropis sehingga potensi mengembangbiakannya sangat mudah dilakukan.

Yonantha Christian Poernomo turut memberikan solusi kepada warga di Sukun selama masa kampanye.

‘’Maggot atau belatung yang dihasilkan dari telur lalat hitam (BSF) sangat aktif memakan sampah organik. Proses biokonversi oleh Maggot ini dapat mendegradasi sampah lebih cepat, tidak berbau dan menghasilkan kompos organik. Serta larvanya dapat menjadi sumber protein yang baik untuk pakan unggas dan ikan,’’ urai Yonantha, sapaan akrabnya, kepada Malang Posco Media, Sabtu (9/12).

Pria ramah ini menuturkan Maggot juga dibekali nutrisi yang amat baik. Kandungan asam amino dan proteinnya adalah sumber nutrisi dan zat yang dibutuhkan oleh setiap hewan ternak untuk tumbuh sehat dan kuat. ‘’Budidaya Maggot semakin ramai dan menguntungkan.Karena itu, kami telah memberikan pelatihan dan mengajari warga di Sukun untuk melakukan budidaya Maggot. Hal ini sebagai upaya kami memberdayakan dan ikut meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kami juga telah dan akan terus melakukan beberapa atensi program kami lainnya,disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di Sukun,’’ urai Yonantha yang selama ini aktif memberikan pelatihan budidaya Maggot di berbagai daerah.

Warga dilatih membudayakan Maggot yang memiliki potensi bagus untuk terus dikembangkan.

Lebih lanjut dipaparkan, dirinya selalu bersemangat melakukan kegiatan menyerap keinginan dan aspirasi warga di Sukun. Karena melalui kegiatan yang dilaksanakan secara intensif ini, dirinya menjadi semakin tahu kondisi sesungguhnya dan permasalahan dari warga. Termasuk beberapa kendala yang masih mereka alami. Karena itu masa kampanye selama 75 hari ini dimanfaatkannya dengan baik untuk banyak menyerap aspirasi masyarakat di daerah pemilihan Sukun.

‘’Saya ingin terus berperan aktif untuk melakukan berbagai perubahan. Termasuk dalam mensejahterakan masyarakat. Terlebih, Indonesia adalah negara yang sangat kaya. Sehingga masyarakatnya juga harus sejahtera,’’ tandasnya.

Yonantha Christian Poernomo luwes bergaul dengan berbagai kalangan masyarakat.

Yonantha menyatakan, dirinya juga selalu mensosialisasikan enam program aksi transformasi dari Partai Gerindra yang merupakan hasil renungan dan kajian terhadap kondisi bangsa yang dirasakan dan dialami pada saat ini. Enam program tersebut adalah membangun ekonomi yang kuat, berdaulat,adil dan makmur. Melaksanakan ekonomi kerakyatan. Membangun kedaulatan pangan dan energi serta pengamanan sumber daya air.

‘’Kemudian, meningkatkan kualitas pembangunan manusia Indonesia, melalui program pendidikan, kesehatan, sosial dan budaya. Membangun infrastruktur dan menjaga kelestarian alam serta lingkungan hidup. Serta, membangun pemerintahan yang bebas korupsi, kuat, tegas dan efektif,’’ pungkas pengusaha yang aktif menjadi pengurus di beberapa organisasi sosial dan kemasyarakatan ini. (nug/aim)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img