spot_img
Saturday, July 13, 2024
spot_img

Bersaing dengan Raksasa Asia

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Timnas Indonesia telah memastikan diri lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah menutup Ronde Kedua dengan kemenangan atas Filipina. Menang dengan skor 2-0 kala bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (11/6) malam, disebut tidak didapatkan dengan mudah oleh Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. Akan tetapi dia puas atas kemenangan anak asuhnya.

Pelatih Shin Tae-yong menyebut pertandingan malam ini tidak mudah bagi timnas Indonesia. Alasannya, pertahanan Filipina cukup kokoh hingga 30 menit babak pertama. Namun, dua gol kemenangan Indonesia akhirnya dicetak oleh Thom Haye pada menit ke-32 dan Rizky Ridho menit ke-56′.

“Mungkin bisa dilihat secara psikologis memang ada kesulitan juga bagi kita. Namun, berkat kerja keras pemain di lapangan, kita bisa mencetak sejarah baru dan akhirnya lolos ke ronde ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026,” kata Shin Tae-yong. 

Shin Tae-yong sadar bahwa di putaran tiga nanti tim-tim yang akan dihadapi oleh timnas Indonesia akan jauh lebih kuat. Asnawi Mangkualam dkk pun berpotensi bertemu raksasa-raksasa Asia, seperti Australia, Jepang, Iran, Korea Selatan, Qatar, Arab Saudi dan lain-lainnya. 

Pada babak ketiga akan ada 18 negara yang bersaing dan terbagi dalam tiga grup. Setiap grup berisi enam negara. Hanya juara grup dan runner-up grup yang lolos langsung ke Piala Dunia 2026 yang digelar di Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada.

“Memang kami sudah lolos ke ronde tiga, dan tidak ada lawan yang mudah bagi kami, apalagi tim kami berada di ranking 134. Jadi bisa dibilang kita tim yang paling lemah,” sebut dia.

Namun, pelatih asal Korsel ini menegaskan dia mau berusaha mencapai mimpinya bersama Timnas Indonesia dan memastikan timnya tidak akan mudah menyerah.

“Kami akan mempersiapkan tim ini agar semakin baik dan berusaha semaksimal mungkin di putaran tiga,” pungkas pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Berdasarkan kalender AFC jadwal babak ketiga kualifikasi Zona Asia FIFA World Cup 2026 bergulir pada 5 dan 10 September 2024, lalu 10 dan 15 Oktober, dan pertandingan selanjutnya pada 14 dan 19 November. Kualifikasi berikutnya pertandingan ke tujuh hingga ke sepuluh akan digelar pada 2025. Tepatnya pada 20 dan 25 Maret 2025 serta pada 5 dan 10 Juni 2025. Setelah melakoni laga-laga tersebut enam tim juara dan runner-up tiga grup lolos langsung ke Piala Dunia 2026.

Sedangkan peringkat ketiga dan keempat grup akan diadu pada babak ke empat Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Enam tim tersisa akan dibagi dua grup, lokasi pertandingan di satu tempat hanya sekali bertemu.

Juara grup babak keempat ini akan lolos langsung. Total kuota delapan tiket mewakili Asia akan terpenuhi.

Asia berpeluang menambah satu wakilnya menjadi sembilan negara melalui babak play-off dengan konfederasi benua lainnya. Peserta play-off Asia ini diambil dari pemenang pertandingan dua negara yang menempati peringkat kedua di babak keempat kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. (ley/jon)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img