spot_img
spot_img

Bidang Cat Tak Sepele, SMK PIM Ikuti Kelas Indutri PT Rexton Indocoating

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – SMK Putra Indonesia Malang (PIM) menggelar kelas industry Solven Based Paint untuk kelas XI kompetensi keahlian Kimia Industri (KI B) 16 – 18 November 2022. Kelas Industri Cat ini bekerja sama dengan PT. Rexton Indocoating perusahaan cat berbasis pelarut (bukan air).

Perusahaan yang berlokasi di Kota Malang ini menghadirkan empat expert di bidang cat. Hari pertama, peserta didik mendapatkan materi pengertian cat, uji mutu cat, color mathching, teknologi pasta dari Inayatul Chumaidah, A.Md, tim QC PT Rexton Indocoating. Kelas industri dilanjutkan ke hari kedua dan ketiga dengan pemateri tetap dari PT Rexton Indocoating.

indocoating

Hari kedua, materi cat PVC, praktik pembuatan cat pvc dan matching colour, aplikasi cat PVC dari Ferdika Dwi Chandra, ST dan Yulianto Kurniawan, tim RnD. Sedangkan hari ketiga, peserta didik memperoleh materi cat aerosol, praktik pembuatan cat aerosol dan matching colour, dan aplikasi cat aerosol oleh Supri Abinoto dan Ferdika Dwi Chandra, ST. tim RnD.

Berita Lainnya:  Sukses Gelar AFITA Dengan Peserta Terbanyak

Ir. Sugianto., Kepala Kompetensi Keahlian (Kakomli) Kimia Industri SMK yang mempunyai tagline ‘Kerjo Oyi Kuliah Oyi’ saat membuka kelas industri menyampaikan bahwa kelas industri cat dilaksanakan dari hasil kunjungan ke PT Rexton Indocoating untuk menyinkronkan kurikulum.

Bidang Cat Tak Sepele, SMK PIM Ikuti Kelas Indutri PT Rexton Indocoating | Berita Malang Hari Ini | Berita Malang Raya, Aremania, Aremanita | WhatsApp Image 2022 12 04 at 09.40.05 2

“Setelah disinkronkan ternyata kompetensi sesuai dengan kurikulum SMK PIM pada pembelajaran tema cat solven based,” jelasnya. Lebih lanjut Sugianto menjelaskan bahwa pemilihan kelas cat ini juga melihat dari banyaknya kreasi dan inovasi industry cat dari jaman dulu hingga sekarang.

“Banyak orang menganggap bidang cat adalah sepele tapi perkembangannya sangat luas dan saat ini muncul berbagai jenis cat,” tegasnya. Dia berharap, dengan adanya kelas industri ini peserta didik bersungguh sungguh dalam mengikuti kelas industri ini, agar kedepannya mereka mampu berkreasi dan berinovasi dalam produksi cat.

Berita Lainnya:  Ciptakan Inara Toolkit, Bantu Mahasiswa Berkebutuhan Khusus

“Peserta didik harus bisa membuat cat dan uji mutunya, yang nantinya akan menjadi materi ujian unit kompetensi,” pungkasnya. Bagi Peserta didik kelas IX SMP yang ingin bergabung menjadi keluarga besar SMK PIM telah dibuka PPDB tahun Pelajaran 2023/2024 hingga 31 Desember 2022 jalur prestasi dan jalur peminatan khusus.

Promo launching dapatkan free formulir, subsidi hingga 50%, kemudahan pembayaran, dan beasiswa upgrade kompetensi. Informasi lebih lanjut tentang Jalur prestasi dan PMK silahkan kunjungi website smkpim.sch.id atau contact person WA 081456023561. (mar)

Ikuti Juga Berita Malang Hari Ini dan Info seputar Arema FC, Arema dan Aremania di Youtube dan Tiktok Kami

BERITA LAINNYA