MALANG POSCO MEDIA, Jakarta – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) ambil bagian Festival Pasar Senggol Indonesia di Turki. BNI memboyong 50 jenis produk mitra UMKM binaan.
Pasar Senggol merupakan sebuah festival ekonomi dan budaya Indonesia di Turki. Corporate Secretary BNI Mucharom menjaskan Turki adalah negara mitra dagang Indonesia yang nilai perdagangannya meningkat secara linear setiap tahunnya.
Mengutip data Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, total perdagangan 2021 Indonesia-Turki tercatat sebesar US$ 2,01 miliar dengan Indonesia sebagai net eksportir surplus US$ 1,2 miliar. Pertumbuhan ekonomi Turki pada 2021 berada di 11%.
“Kami pun menyambut baik gelaran festival yang diinisiasi oleh kelompok mahasiswa dan diaspora Indonesia di Turki ini. Kementerian BUMN bersama BNI berharap tak sekadar mengoptimalkan potensi pasar tetapi ikut berkontribusi meningkatkan kerja sama ekonomi yang telah terjalin sangat baik sejauh ini,” jelas Mucharom, Senin (6/6).
Mucharom menyampaikan sebagai bank yang mendapat mandat untuk go global, BNI Mengirimkan setidaknya 50 jenis produk UMKM terbaik mitra binaan BNI. Menurutnya, produk tersebut dapat menarik perhatian pelaku bisnis sekaligus konsumen Indonesia dan Turki sehingga dapat membuka peluang kerja sama lanjutan.
“Dengan bantuan dari KJRI, kami juga mendapat program link and match sehingga dapat lebih fokus dalam mempersiapkan barang-barang yang masuk ke pasar Turki,” ungkap Mucharom.
Adapun, brand UMKM binaan yang BNI bawa, antara lain untuk kategori UMKM Xpora yaitu Bali Wirama dengan kategori home and garden decor yang selama ini produk nya 100% diekspor ke Eropa. Selain itu, ada Faber Instrumen Indonesia yang bergerak dalam bidang instrumen musik dan homedecor dari kayu seperti radio kayu, shoehorn, jam dinding, flash drive kayu, dan lainnya.
Selain untuk mengobati kecintaan para Diaspora di Turki, Rumah BUMN BNI turut berpartisipasi membawa produk kuliner dari Rumah BUMN Sleman yaitu Telaga Rasa. Telaga Rasa merupakan UMKM yang memproduksi minuman herbal Indonesia dalam bentuk instan yang sudah berhasil menembus gerai gerai retail di Indonesia dan sudah memiliki izin BPOM. Sementara itu Rumah BUMN Tegal membawa NM Food, yang memasarkan produk snack unggulan. (dtc/ley)