spot_img
Tuesday, June 25, 2024
spot_img

BOSDA Rp 13 M Segera Cair

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, KOTA BATU – Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) Kota Batu bakal cair bulan Juni ini. Dengan total BOSDA yang diterima oleh Kota Batu sebesar Rp 13 miliar. “Tahun ini BOSDA yang diterima oleh Kota Batu sebesar Rp 13 miliar. Jumlah tersebut naik Rp 900 juta dari tahun sebelumnya senilai Rp 12,1 miliar,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu M Chori kepada Malang Posco Media.

Chori menerangkan untuk penyaluran BOSDA sekolah negeri tidak diperbolehkan dalam bentuk hibah. Namun pada tahun ini harus dalam program kegiatan sehingga perlu dilakukan pergeseran anggaran. “Untuk pergeseran ini baru selesai pada Mei, maka setidaknya Juni ini sudah bisa dicairkan. Dengan adanya kenaikan sebesar Rp 900 juta pada tahun ini, maka terdapat tambahan anggaran untuk setiap peserta didik yakni Rp 5 ribu,” bebernya.

Dengan adanya kenaikan tersebut secara tidak langsung bagi siswa SD mendapatkan Rp 25 ribu per orang maka tahun ini naik menjadi Rp 30 ribu per orang. Sedangkan untuk siswa SMP yang sebelumnya mendapatkan Rp 35 ribu per orang menjadi Rp 40 ribu per orang.

Rinciannya BOSDA sebesar Rp 13 miliar ini akan digelontorkan kepada 39.103 peserta didik. Meliputi PKBM sebanyak 661 siswa, Paud dan TK sebanyak 8.383 siswa, SD sebanyak 10.751 siswa dan SMP sebanyak 19.308 siswa.

“Kami harap bisa segera dicairkan dan bisa segera dimanfaatkan oleh sekolah-sekolah dengan catatan tidak menyalahi aturan penggunaan BOS. Sehingga wali murid dan pihak sekolah juga terbantu dalam proses pembiayaan yang dibutuhkan untuk keberlangsungan operasional kegiatan belajar mengajar,” tandasnya.(eri/lim)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img