spot_img
Thursday, June 20, 2024
spot_img

Brand Sepatu Lokal Siap Bersaing

Berita Lainnya

Berita Terbaru


MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Kualitas produk sepatu lokal tidak kalah dengan sepatu produk pabrikan. Salah satunya US footwear yang diproduksi areka Malang di Jalan Mayjend Panjaitan No.4 Kelurahan Penanggungan Kecamatan Klojen.

Produk US Footwear yang saat ini dikembangkan kategori sepatu sport running, sepatu sneakers, dan sepatu kulit baik untuk laki-laki dan perempuan. Khusus untuk US Footwear dibanderol dengan harga Rp 130 ribu dan seterusnya. Sebagai pencetus US Footwear Ari Cahyo mengaku mengawali usahanya sejak 2018 sebagai reseller sepatu pada umumnya. Setahun kemudian, ia mulai terpikir untuk membuat produk sendiri. Bukan tanpa kendala dirinya juga pernah mengalami kegagalan.

“Pada tahun 2019 lalu, saya sempat mengalami kerugian karena vendor yang bekerja sama membuat sepatunya tidak sesuai ekspetasi. Akhirnya sempat berhenti dan saya membagikan sisa sepatu ke masyarakat. Tahun 2020, saya mulai lagi dengan lebih matang dan dapat berjalan hingga sekarang,” kata  Ari Cahyo kepada Malang Posco Media, kemarin.

Dijelaskannya, US Footwear, nama US ia pertahankan dari inisial tokonya yaitu Utapes Store. Saat ini masih tersedia promo sale Rp 100 ribu. Terdapat puluhan produk US Footwear yang mendapat potongan harga besar-besaran. Promo ini berlaku hingga stok item tertentu habis. Sepatunya spesial dibuat agar semua kalangan bisa membelinya.

“Awalnya saya itu reseller sepatu branded, ada pembeli yang nyari sepatu dengan harga murah tapi berkualitas. Akhirnya tercetus ide buat produk sendiri, harga terjangkau, sehingga dapat dipakai oleh semua orang,” lanjutnya.

Antusias warga Malang sangat tinggi, bahkan US Footwear sudah didukung oleh Pemkot Malang agar segera dipatenkan. Kontingan atlet Popda Jatim Kabupaten Sampang juga mengenakan produk ini untuk bertanding. Utapes Store memang melayani pembelian sepatu seragaman.

“Saya juga melayani pemesanan sepatu seragaman. Nah untuk itu, bisa custom sepatu jika minimal 50 pcs. Termasuk untuk sepatu kulit juga bisa, mau diberi logo atau tulisan lain juga bisa,” terangnya

Untuk saat ini dia sedang berupaya sekuat tenaga untuk memperkenalkan dan mengampanyekan bahwa produk lokal tidak kalah saing dengan brand luar. Karena menurutnya, konsumen Indonesia saat ini masih terfokus pada brand luar yang mengakibatkan banyak produk lokal gulung tikar.

“Masyarakat masih memiliki mindset bahwa barang itu harus branded, brand lokal susah diterima. Padahal soal kualitas masih bisa bersaing. Sekarang, US Footwear ini kita perkuat pengenalan produk di Malang terlebih dahulu, selanjutnya baru menjangkau pasar nasional. Ke depan lebih bnyak masyarakat yang menggunakan produk US,” tandasnya. (mp2/aim)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img