MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) perbankan, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau Bank BTN terus berupaya mewujudkan kepeduliannya terhadap masyarakat. Melalui Corporate Social Responsibility (CSR) Bank BTN banyak memberikan manfaat melalui kerja sama dengan lembaga pemerintah. Diantaranya dengan Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari, Jumat (5/8) kemarin.
Bank BTN Kantor Cabang Malang yang telah bekerja sama dengan BBIB sejak tahun 2016, membangun Fasilitas Umum dan Taman Terbuka di BBIB Singosari. Di mana hal ini sudah menjadi kebutuhan dalam hal memberikan pelayanan prima terhadap customer BBIB. Bank BTN mewujudkannya melalui kontribusi terhadap fasilitas umum tersebut.
BBIB yang Berlokasi di wilayah Desa Toyomarto Kecamatan Singosari itu sebelumnya belum memiliki fasilitas pendukung di luar ruangan. Lahan dengan luas sekitar 400 meter persegi itu akhirnya disulap menjadi tempat yang asri dan nyaman bagi para pengunjung BBIB Singosari.
Dr. Drh. Kresno Suharto, M.P., Kepala Balai mengungkapkan bahwa BBIB menyambut baik upaya perusahaan, utamanya BUMN untuk memberikan andil pada pelayanan masyarakat. “Kami bersyukur bisa bersilahturahim kembali menindaklanjuti kerja sama yang disusun beberapa waktu yang lalu. Kami tentu berterima kasih kepada Bank BTN karena telah membangun fasilitas umum yang dapat dimanfaatkan banyak orang. Kedepan akan dikembangkan lagi,” ujar Kresno Suharto kemarin.
Dalam agenda penyerahan CSR tersebut kedua belah pihak juga menandatangani kerja sama terkait layanan perbankan di area taman terbuka. Sebagai gambaran, area yang dimaksud cukup luas dengan disertai keberadaan gazebo-gazebo dan tempat duduk yang dapat dinikmati setiap tamu yang hadir serta dilengkapi dengan wifi. Kedepan masih ada penambahan beberapa pelengkap sehingga semakin nyaman bagi customer yang datang.
Selain pembangunan fasilitas umum, kerja sama BTN dan BBIB Singosari adalah pemanfaatan jasa layanan perbankan. Dalam hal ini untuk kemudahan perusahaan dalam bertransaksi. Dengan adanya kerjasama ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak maupun masyarakat luas.
“Pelayanan kita pada masyarakat harus baik, maka fasilitas juga harus baik, artinya pelayanan nyaman dan aman di BBIB. Hari ini juga kami minta izin agar fasilitas umum dan taman terbuka ini dapat dikelola oleh kami dan dirawat dengan baik, mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik,” ringkasnya. Bagi Kresno, nilai kebermanfaatan terbesar jelas pada sisi kenyamanan tamu maupun customer.
Sementara Branch Manager Kantor Cabang Malang, Surasta menyebut bagi BTN ini adalah kesempatan besar yang akhirnya diberikan oleh BBIB sebagai lembaga yang berfokus pada pelayanan publik. CSR yang hadir memang sebuah kebutuhan yang dikaji bagi kepentingan BBIB dan publik. Termasuk dalam hal ini BBIB sebagai sarana penelitian dan eduwisata. Pendidikan tentunya membutuhkan sarana dan prasarana yg memadai untuk penunjang para pengunjung memanfaatkan tempat yang nyaman dan indah.
“Tentunya bahwa CSR yang dibangun BTN saat ini untuk membantu sarana pendidikan masyarakat. Unsur itu salah satunya ada di BBIB sebagai wadah edukasi bagi masyarakat yang ingin belajar mengenai produksi peternakan. Kami menyambut baik itu dan bekerja keras bagaimana agar usulan CSR ini dikabulkan. Karena ini bagian dari edukasi masyarakat,” urai Surasta.
CSR Bank BTN, kata Surasta, sebagai bentuk tanggung jawab sosial lingkungan, kepada mitra Bank BTN. Ini hanya sebagian, akan ada inisiasi yang lain kedepan agar BUMN bisa terus hadir di masyarakat. Dia berharap taman yang dibangun di BBIB menjadi salah satu daya tarik lain sehingga yang datang bisa belajar dengan nyaman.
“Kami berterima kasih sudah diterima secara institusi. Karena ini berkaitan dengan kebutuhan BBIB sebagai pelayanan publik maka tanah yang mungkin sebelumnya tak terpakai bisa dimanfaatkan,” tutupnya. (tyo/bua)