spot_img
Saturday, July 13, 2024
spot_img

Bupati Sanusi Dorong Inovasi Pertanian Pagelaran

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Bupati Malang, HM Sanusi mendatangi kegiatan diskusi warga Desa Kademangan, Kecamatan Pagelaran yang digelar di area sawah Dusun Krajan RT 07 RW01, Rabu (19/6). Di acara itu, para petani meminta pengadaan mesin combine, pembangunan saluran irigasi sepanjang 50 meter kiri kanan dan pengajuan pupuk.

Semua aspirasi yang disampaikan itupun langsung ditampung Sanusi. Dia meminta kepala perangkat daerah yang hadir untuk ikut mencatat permintaan para tersebut. “Semua aspirasi dari para petani kami tampung. Akan kami bahas. Kehadiran kami untuk saling mendukung upaya peningkatan produktivitas untuk kesejahteraan petani,” terangnya.

Dia mengatakan, kegiatan yang disebut susuk wangan itu, merupakan hal yang sangat baik. “Petani bersama masyarakat bergotong royong membersihkan atau kerja bakti melakukan bersih-bersih di area persawahan. Kami berharap, kegiatan yang rutin digelar ini tidak lekang oleh zaman,” pintanya.

Mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang itu mengaku, kehadirannya dalam kegiatan ini sekaligus untuk melihat potensi yang ada di Desa Kademangan. Seperti pengajuan warga terkait pembangunan plengsengan. Menurut dia, pembangunan plengsengan akan dilakukan setelah PAK.

“Saat ini, kegiatannya masih pembersihan. Sementara untuk pembangunan plengsengan dan pembangunan jalan usaha tani akan dianggarkan oleh Dinas Tanaman Pangan Hortikulturan dan Perkebunan Kabupaten Malang melalui PAK nanti,” ucapnya. Dia menekaskan Pemkab Malang melalui sejumlah dinas akan memberikan bantuan.

Diantaranya adalah hand traktor. “Nanti akan ada bantuan hand traktor. Penyerahannya nanti melalui kepala desa,” tambah politisi PDI Perjuangan ini. Disisi lain, Sanusi juga berharap seluruh petani Desa Kademangan memiliki inovasi dalam hal pertanian agar hasilnya semakin meningkat dan memberi kesejahteraan.

“Contoh para petani di Dusun Jarak Ijo Desa Ngadas. Mereka menanam kentang jenis G2. Hasilnya luar biasa, berkali lipat lebih besar dibanding hasil panen dari jenis tanaman yang sama sebelumnya,” urainya. Dia meminta Pemdes Kademangan dan para petani, untuk berkoordinasi dengan dinas terkait. 

 “Jangan lelah untuk berinovasi, jangan lelah untuk belajar. Sering berkoordinasi, dengan dinas untuk menentukan tanaman yang cocok. Jika semua itu dijalankan, kami yakin produktifitas pertanian akan semakin meningkat. Kesejahteraan petani juga meningkat, dan pembangunan di sini pun meningkat,” pungkasnya. (ira/mar)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img