spot_img
Thursday, July 25, 2024
spot_img

Pemkab Malang

Cairkan Bantuan Keuangan Parpol

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Pemkab Malang segera mencairkan bantuan keuangan partai politik. Rencananya pencairan dilakukan Selasa (27/6) mendatang. “Alhamdulillah seluruh proses semuanya sudah selesai,” kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Malang, Mumuk Hadi Martono.

Dia mengatakan, Pemkab Malang menyiapkan anggaran Rp 9 miliar lebih untuk  bantuan keuangan kepada partai politik. “Nilainya tidak rata. Sesuai dengan perolehan suara partai dikalikan Rp 7500 suara,” katanya. Mumuk mengatakan angka Rp 7500 ini merupakan hasil kesepakatan antara partai politik dengan pemerintah daerah.

- Advertisement -

Dengan salah satu pertimbangannya adalah kemampuan anggaran daerah. Lantaran itulah, dia tidak menampik jika ada perbedaan nominal bantuan setiap suara di masing-masing daerah. “Ada yang bisa membantu Rp 10 ribu per suara. Tapi ada juga yang Rp 6500 persuara. Menyesuaikan kekuatan anggaran pemerintah daerah masing-masing,” ungkapnya.

Seiring dengan fakta tersebut, Mumuk pun mengatakan jumlah partai politik yang mendapatkan paling banyak bantuan keuangan ini adalah PDIP. Mencapai Rp 2 miliar lebih. Sedangkan untuk bantuan paling sedikit diterima oleh Partai Hanura, yaitu mendapatkan Rp 100 juta.

“PDIP memiliki kursi paling banyak di dewan 12 kursi. Perolehan suaranya juga paling banyak dibandingkan dengan partai politik lainnya,’’ ungkap mantan Camat Donomulyo ini. Disinggung dengan proses pencairan, Mumuk pun mengatakan dengan partai wajib mengajukan proposal.

Dari ajuan itu kemudian oleh Bakesbangpol langsung dilakukan verifikasi. “Jika semuanya oke, kami pun langsung mengajukan ke bapak bupati untuk diterbitkan SK nya. Alhamdulillah, proses itu semuanya sudah dilakukan, tinggal pencairan saja,’’ tambah mantan Camat Lawang ini. (ira/mar)

- Advertisement - Pengumuman
- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img