MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Tidak segampang membuat mi instan, begitulah gambaran dalam berwirausaha. Tidak semudah yang dibayangkan, banyak tuntutan yang harus dikerjakan dalam berwirausaha. Bagi owner dari Zigmarie, Rini Sundari berwirausaha merupakan tuntutan untuk harus terus berfikir dan memiliki ide-ide kreatif. Berawal dari bakat yang dimiliki, ia terus mengembangkan bisnisnya sehingga dapat dikenal ke orang banyak.
“Kunci berbisnis itu harus bisa mengeluarkan ide-ide kreatif yang dimiliki. Itu suatu tuntutan yang apabila ditinggalkan maka bisa berbahaya bagi bisnis. Kreatif bukan hanya sekadar dalam membuat produk tapi juga dalam pemasaran dituntut kreatif,” paparnya.
Kreativitas itu juga ia gunakan dalam hal pemasaran, baik online maupun offline, ia harus memutar otak bagaimana bisa mendapatkan customer sebanyak-banyaknya. Sebagaimana umumnya pelaku usaha, permasalahan modal menjadi salah satu tantangan cukup besar.
“Modal ini juga menjadi tantangan tersendiri. Karena produk yang dibuat ini membutuhkan modal, jadi jika tidak ada modalnya ya tidak bisa. Selain modal, sumber daya manusia yang mumpuni di bidang ini masih cukup sulit,” terangnya.
Meskipun disibukan dengan berbagai kegiatan dalam berbisnis, namun Rini tidak pernah melepaskan tanggung jawabnya sebagai seorang ibu rumah tangga. Tentu tugas rumah juga harus tetap ia tunaikan.
“Selain berbisnis juga sebagai ibu rumah tangga. Jadi kegiatan sehari-hari saya masih mengurusi balita. Dan itu semua cukup menguras waktu dan pikiran. Tapi bagaimanapun saya tetap merasa happy dengan apa yang saya lakukan,” tegasnya.
Mendukung bisnisnya, Rini juga memiliki hobi bereksperimen. Ia sangat tertarik dengan hal-hal baru yang belum diketahuinya. Ia sering berselancar di internet untuk mencari ide-ide kreatif yang bisa dikembangkan untuk produknya.
“Tak hanya jual produk, terkadang gsaya juga jual ilmunya. Caranya yakni dengan membuat workshop-workshop yang bisa diikuti oleh masyarakat sekitar. Dari sanasedikit banyak saya juga bisa mendapatkan keuntungan,” ujarnya.
Hubungan baik dengan konsumen menjadi salah satu cara yang dilakukan untuk mempertahankan konsumennya. Dengan pelayanan yang terbaik, ia yakin pelanggan dapat merasa nyaman. Di sisi lain, pengembangan inovasi dan kualitas dari produk juga tetap harus diperhatikan. (adm/aim)