Malang Posco Media, Bandung – Provinsi Jawa Barat konsisten menduduki peringkat kedua terbesar pasar otomotif nasional sebanyak 60.816 unit atau berkontribusi 14,6% dari total pasar otomotif nasional hingga Juli 2025. Pada provinsi ini, area Bandung juga menjadi kontributor terbesar penyumbang penjualan mobil sebanyak 15.521 unit atau berkontribusi 25,5% terhadap pasar otomotif di Jawa Barat.
Sebagai wilayah yang penting, pasar otomotif di Jawa Barat dan Bandung juga konsisten memperlihatkan penerimaan positif terhadap Daihatsu.
Berdasarkan data penjualan per-wilayah hingga Juli 2025, Daihatsu menjadi salah satu pilihan utama sebagai solusi mobilitas harian masyarakat Jawa Barat dengan capaian penjualan sebanyak 8.126 unit dengan market share sebesar 13,4%. Dalam hal kontribusi model, mobil Daihatsu di Jawa Barat didukung oleh top 3 model utama seperti, Sigra sebanyak 3.177 unit atau berkontribusi sebesar 39%, disusul Gran Max PU mencapai 1.370 unit (17%), dan Ayla 956 unit (12%).
Sama halnya dengan provinsi Jawa Barat, penjualan Daihatsu di Bandung mencapai 1.990 unit yang didukung oleh top 3 model utama yang konsisten mendapat kepercayaan dari masyarakat seperti, Sigra sebanyak 688 unit yang berkontribusi sebesar 35%, Gran Max Pick Up 388 unit (19%), dan Gran Max Mini Bus 270 unit (14%).
Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation, Tri Mulyono mengapresiasi pelanggan di Jawa Barat dan Bandung yang terus mempercayakan Daihatsu sebagai solusi mobilitas hariannya.
“Daihatsu berkomitmen dalam mendekatkan diri dengan masyarakat, khususnya di Jawa Barat yang menjadi salah satu pasar penting otomotif nasional. Mengambil momentum ajang GIIAS Bandung, kami ingin menghadirkan kesempatan bagi masyarakat untuk mewujudkan mimpinya memiliki mobil baru Daihatsu dengan beragam kemudahan sesuai kebutuhan, hingga program penjualan menarik yang hanya bisa didapat secara khusus pada ajang ini,” ujarnya. (*/nda)