MALANG POSCO MEDIA, TANGERANG – Daihatsu hadir pada ajang GIIAS (GAIKINDO Indonesia International Auto Show) yang berlangsung pada 18–28 Juli 2024 di Tangerang. Dengan tema GROW FOR BETTER TOMORROW, Daihatsu senantiasa ingin tumbuh bersama masyarakat Indonesia melalui mobilitas menuju masa depan berkelanjutan yang lebih baik, salah satunya dengan berkolaborasi bersama Dus Duk Duk menampilkan Sigra Carboard yang menjadi perhatian para pengunjung di GIIAS.
Sigra Cardboard merupakan sebuah karya seni mobil Sigra yang terbuat dari lembaran kardus bekas dengan skala ukuran 1:1 dan memiliki ukuran sama dengan model aslinya. Daihatsu Sigra menjadi inspirasi model yang dipilih karena menjadi salah satu kendaraan pilihan utama keluarga muda Indonesia sebagai mobil pertama mereka.
“Selama ajang GIIAS 2024, kami juga menghadirkan program keberlanjutan sebagai sarana hiburan yang edukatif, salah satunya lewat mobil Sigra yang terbuat dari kertas karton dengan skala ukuran riil (1:1) sebagai inspirasi kreasi penggunaan material bahan bekas yang ramah lingkungan. Daihatsu berkomitmen untuk dapat berkontribusi dengan menyediakan mobilitas lebih baik, sekaligus tumbuh bersama masyarakat Indonesia menuju masa depan berkelanjutan,” ujar Yasushi Kyoda, President Director PT Astra Daihatsu Motor.
Sebagai salah satu fasilitas hiburan edukatif dalam memberikan pengalaman baru kepada pengunjung, Sigra Cardboard ini terbuat dari sekitar 70 lembaran besar kardus bekas yang ramah lingkungan dengan ketebalan bahan 4 mm berukuran 120 x 240 cm.
Kardus bekas ini didapat dari sebanyak total 270 part dan palet yang semuanya berasal dari pabrik Daihatsu. Seluruh material yang digunakan terbuat dari 100% kardus alami yang telah melalui proses daur ulang industri.
Pembuatan Sigra Cardboard ini memakan waktu sekitar 3 minggu dengan proses pengembangan mulai dari tahap Desain; Struktur dan Pola; Potong dan Rakit; Instalasi dan Finishing; serta Maintenance.
Sebagaimana diketahui, Astra Daihatsu Sigra merupakan mobil LCGC MPV berkapasitas 7 penumpang yang cocok bagi keluarga muda Indonesia.
Sigra menjadi kontributor utama penjualan Daihatsu secara nasional, dan telah terjual lebih dari 370 ribu unit sejak peluncuran perdananya pada 2016.
Hingga Semester 1 2024, Sigra tetap menjadi pilihan utama keluarga Indonesia, dan mengalami kenaikan dengan kontribusi sebesar 61% di segmen pasar LCGC MPV, atau sebanyak 30.013 unit.
Sigra tersedia dalam beberapa varian mulai dari D, M, X, dan R, serta 7 pilihan warna yang dapat dipilih sesuai dengan selera keluarga Indonesia dengan harga mulai dari Rp 139.200.000 – Rp 184.600.000 (OTR DKI Jakarta).
Harga dapat berbeda tergantung varian, lokasi, dan wilayah. Informasi dan spesifikasi lebih lengkap dapat dilihat melalui website resmi https://astra-daihatsu.id atau bisa juga melalui mobile apps DaihatsuKu. (*/nda)