spot_img
Monday, February 26, 2024
spot_img

Dana Desa Tahap II Telah Dicairkan, Kepala Dinas PMD Imbau Program Harus Sesuai Rencana

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Malang pastikan seluruh desa di Kabupaten Malang sudah mencairkan Dana Desa (DD) tahap II. Total DD yang telah dicairkan sebanyak Rp 90.290.686.000 pada tahap II dan Rp 104.475.340.280 tahap I.

Tahun 2022, Kabupaten Malang mendapatkan DD sebanyak Rp 409 miliar. Jumlah itu naik dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya Rp 388 miliar.

Kepala Dinas PMD, Eko Margianto, mengatakan, dari DD Rp 409 miliar itu dibagi ke 378 desa dengan besaran berbeda-beda.

“Tidak sama yang diterima masing- mading desa. Tergantung jumlah penduduk dan luas wilayah,” ujar Eko.

Lebih lanjut, Eko, mengimbau seluruh kepala desa melaksanakan program pembangunan sesuai rencana atau program yang tertuang dalam APBDes.

“DD ini jelas pertanggungjawaban dan regulasinya. Untuk itu kami juga mengimbau ke desa-desa agar menggunakan DD tersebut sesuai renacana dan program,” tegasnya.

Menurutnya, masing-masing camat di seluruh Kabupaten Malang melakukan pengawasan terhadap desa-desa untuk penggunaan Dana Desa tersebut. Pesan itu disampaikan agar tidak ada penyimpangan dalam penggunaan dana desa.

“Selain diawasi inspektorat, camat juga wajib melakukan pengawasan. Ini untuk mengantisipasi penyimpangan, dan pembangunan di desa pun berjalan sesuai dengan yang direncanakan dan diharapkan,” pungkas Eko. (Ira/lin)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img