MALANG POSCO MEDIA, MALANG – PT XL Axiata, Tbk (XL Axiata) bersama Viamo Indonesia (Viamo) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat berkolaborasi meluncurkan layanan Tanya321. Dengan layanan ini, masyarakat bisa mengakses informasi resmi mengenai kesehatan dari pemerintah dan organisasi internasional terkait selama 24 jam sehari lewat aplikasi WhatsApp.
Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O Baasir, mengatakan, XL Axiata sangat senang bisa berkolaborasi dengan Viamo Indonesia mendukung Kementerian Kesehatan RI dengan menerapkan teknologi seluler untuk menyediakan layanan akses informasi kesehatan Tanya321 bagi masyarakat Indonesia.
“Kolaborasi ini sekaligus menjadi wujud nyata upaya kami mendukung gerakan inovasi dari penyediaan informasi secara digital yang inklusif dan dapat secara mudah diakses oleh pelanggan XL Axiata yang sebagian besar juga merupakan pengguna aktif whatsapp,” Marwan.
Lebih lanjut, pemilihan aplikasi WhatsApp sebagai wadah dari penyebaran informasi sangat relevan, karena di Indonesia tercatat ada lebih dari 80 juta pengguna WhatsApp di tahun 2021. Karena itu, penyebaran informasi resmi dari pemerintah dapat juga difasilitasi dengan layanan ini sehingga masyarakat dapat mengakses informasi umum resmi pemerintah tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan.
Masyarakat cukup menghubungi Tanya321 lewat WhatsApp di nomor 081908192321 atau di link bit.ly/tanya321. Melalui fasilitas Tanya321 ini, Kemenkes memberikan layanan informasi kesehatan secara resmi. Tak hanya informasi COVID-19 dan vaksin, juga seputar kesehatan ibu dan anak, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan pola hidup sehat, kesehatan mental serta edukasi penyakit lainnya.
Sementara itu, Direktur Jenderal Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, dr. Maria Endang Sumiwi, mengatakan, melalui kerjasama dengan XL Axiata dan Viamo Indonesia, kini sarana akses informasi Kemenkes memungkinkan menjangkau masyarakat Indonesia seluas mungkin.
“Peluncuran layanan Tanya321 ini searah dengan transformasi layanan primer yang sedang dijalankan oleh Kemenkes untuk memperkuat aktivitas promotif preventif salah satunya dengan memberikan edukasi agar menciptakan lebih banyak orang sehat, memperbaiki skrining kesehatan serta meningkatkan kapasitas layanan primer,” terang dr. Maria.
Maria Endang juga mengungkapkan, Layanan Tanya321 hadir sebagai salah satu bentuk usaha melawan misinformasi dan hoax dengan menghadirkan informasi resmi dari Kemenkes. Kolaborasi ini merupakan lanjutan dari program kolaborasi pada Mei 2020 silam dengan meluncurkan layanan hotline 321. Seluruh pelanggan XL Axiata dapat mengakses berbagai rangkaian berita harian dan informasi penting seperti kesehatan, pertanian dan cuaca dari semua tipe ponsel apapun, termasuk ponsel sederhana.
Lebih dari 430 ribu penelpon telah mengakses layanan hotline 321 dan mendengarkan lebih dari 280 ribu pesan penting yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Diharapkan dengan adanya layanan ini dapat mendukung program pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI dalam mensosialiasikan berbagai hal yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat.
Untuk diketahui, seremoni peluncuran layanan ini dilakukan oleh Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, dr. Maria Endang Sumiwi, MPH, Country Director Viamo Indonesia, Patrick M Compau dan Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O Baasir di Jakarta. Diharapkan dengan adanya layanan ini dapat menjadi upaya peningkatan komunikasi, informasi dan edukasi kesehatan dalam mendukung program pemerintah. (lin)