Malang Posco Media, Malang – Produk alami, ramah lingkungan, dan dibuat dengan niat baik, inilah yang menjadi fondasi dari Jinawi Natural, UMKM lokal asal Malang milik Aldian Giovanno.
Berawal dari keprihatinan pribadi karena saudaranya mengalami gangguan kulit, Aldian yang merupakan lulusan Kimia Universitas Gadjah Mada menciptakan sabun dari bahan alami yang justru meredakan gangguan kulit tersebut. Dari situlah, lahir semangat membangun usaha.
Kini, Jinawi memproduksi beragam perawatan tubuh alami, seperti sabun zaitun, sabun madu, sabun susu kambing, shampo bar/batang, hingga skin care yang semuanya dibuat dengan menggunakan bahan alami dan minim limbah. Produk ini tidak hanya aman untuk kulit sensitif, tapi juga menjaga lingkungan dengan pengemasan minim sampah plastik.
“Kami ingin masyarakat punya pilihan produk yang baik untuk tubuh dan juga bumi. Karena hidup sehat tidak hanya soal kulit, tapi juga keberlanjutan,” ujar Aldian Giovanno, pendiri Jinawi Natural.

Dengan omzet bulanan mencapai Rp 80 juta dan pemasaran melalui marketplace serta outlet di BVGIL, Jl Guntur No 33 Malang, Jinawi telah membuktikan bahwa usaha kecil dengan misi besar bisa berkembang. Perjalanan Jinawi juga tidak lepas dari peran aktif PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
Aldian telah menjadi nasabah BRI sejak tahun 2016, dan mulai bergabung di Rumah BUMN BRI Malang sejak tahun 2021. Dukungan yang ia terima tidak hanya dalam bentuk akses perbankan, tetapi juga pelatihan, jejaring, hingga kesempatan pameran produk.
“Melalui Rumah BUMN, saya banyak belajar. Mulai dari manajemen usaha, branding, sampai jejaring antar pelaku UMKM. Ini sangat membantu kami tumbuh,” tambah Aldian.
CEO Rumah BUMN BRI Malang, Gita Ayu Puspita Sari menyampaikan bahwa Jinawi adalah salah satu contoh nyata UMKM lokal yang tumbuh dan berdaya saing di sektor produk organik secara berkelanjutan dengan dukungan BRI.
“Jinawi Natural mewakili semangat UMKM masa depan, berbasis keberlanjutan dan peduli lingkungan. BRI melalui Rumah BUMN akan terus mendorong UMKM seperti Jinawi untuk naik kelas dan bersaing di pasar yang lebih luas,” ujarnya.
Sebagai bank dengan fokus pada pemberdayaan ekonomi kerakyatan, BRI terus memperkuat perannya melalui ekosistem Rumah BUMN, mendampingi pelaku usaha untuk tumbuh, berkembang, dan memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan. (*/nda)