spot_img
Thursday, February 22, 2024
spot_img

Darurat Pohon Tumbang!

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA – Darurat pohon tumbang. Warning ini sudah mendesak menyusul banyaknya pohon tumbang yang sudah menelan korban di Malang Raya. Baik jiwa maupun material, kios, motor dan mobil. Bila terus dibiarkan siapa yang harus bertanggungjawab atas kejadian ini?

Pohon tumbang memang musibah. Tak ada yang bisa memprediksi secara pasti kapan pohon akan tumbang. Karena banyak faktor yang mempengaruhi pohon itu bisa tumbang secara mengejutkan dan menakutkan. Selain angin kencang, kondisi pohon juga sangat berpengaruh sebuah pohon bisa tumbang sewaktu-waktu.   

Namun instansi terkait, entah Dinas Lingkungan Hidup atau instansi vertikal lain, idealnya punya alat untuk mendeteksi pohon-pohon tua yang rawan tumbang. Termasuk pohon baru yang juga bisa dinilai rawan tumbang akibat anomali cuaca belakangan ini.

Paling tidak, dengan alat pendeteksi kerawanan pohon tumbang, instansi berwenang bisa memberikan pengumuman atau alarm di lokasi pohon rawan tumbang. Sehingga masyarakat bisa berhati-hati saat melintasi kawasan tersebut, apalagi saat angin kencang dan hujan deras melanda.

Bila tidak, maka sangat tidak bijak membiarkan kondisi yang setiap saat bisa mengancam keselamatan pengendara di jalan raya dan orang-orang yang mempunyai rumah, kios dan tempat usaha yang berada di bawah pohon rawan tumbang.

Dewan harus mempertanyakan kondisi ini dan mendesak pemerintah daerah di masing-masing wilayah menerapkan darurat pohon tumbang. Dewan dan pemerintah daerah segera melakukan koordinasi untuk segera mencari solusi agar pohon tumbang tak terus berlanjut. Karena nyawa masyarakat terancam sewaktu-waktu. Baik yang melintas di jalan raya, maupun yang diam di tempat usahanya.

Kalau pemerintah daerah belum punya alatnya, maka bagaimana segera diupayakan untuk pengadaan peralatan pendeteksian pohon rawan tumbang. Tak ada alasan untuk pasrah pada kondisi yang sekarang memang musim hujan dan angin kencang. Karena ada masyarakat yang harus dilindungi dari ancaman pohon tumbang.

Ganti rugi akibat pohon tumbang memang harus diwujudkan. Namun yang lebih prioritas dan lebih penting adalah mencegah nyawa melayang akibat pohon tumbang.(*)    

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img