spot_img
Thursday, June 20, 2024
spot_img

Dekranasda, Gelar Pelatihan Menjahit IKM

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Dekranasda Kabupaten Malang menggelar pelatihan menjahit untuk Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Gedung PLUT KUMKM Kabupaten Malang. Kegiatan ini diikuti oleh 20 peserta.

Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Malang, Hj Mahila Surya Dewi mengatakan pelatihan ini digelar bertujuan untuk meningkatkan kreativitas, produktivitas, dan kemandirian IKM yang ada di Kabupaten Malang.

Harapannya melalui kegiatan ini peserta memiliki keterampilan yang lebih baik dalam menjahit dan mampu mengembangkan usaha mereka sendiri. “Mereka dapat meningkatkan pendapatan dan membantu mendorong pertumbuhan ekonomi menuju Malang Makmur,’’ kata Mahila.

Pelatihan menjahit ini ditambahkan wanita berhijab ini dibagi dua kelompok. Masing-masing kelompok berisi 10 orang, dengan waktu pelatihan dua hari. Selama pelatihan, para peserta mendapatkan materi tentang menjahit dari narasumber yang berkompeten. Mulai dari dasar membuat pola, sampai dengan mengoperasikan mesin jahit.

Tidak itu saja, peserta juga praktik menjahit secara langsung. “Meskipun hanya dua hari waktu pelatihan, tapi peserta mampu mengaplikasikan seluruh materi yang diajarkan,’’ tambahnya. Salah satu bukti peserta mampu mengaplikasikan seluruh materi pelatihan menjahit adalah terciptanya kemeja atau baju dari tangan para peserta.

Mahila mengatakan, pelatihan untuk meningkatkan kreatifitas dan produktifitas IKM sendiri merupakan salah satu program dari Dekranasda Kabupaten Malang. Jenis pelatihannya pun beragam. (ira/mar)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img