spot_img
Saturday, July 20, 2024
spot_img

Departemen Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UM, Beri Bekal Mahasiswa Penulisan PKM

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Departemen Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang (UM) sukses menggelar pelatihan penulisan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di Aula Fakultas Ilmu Pendidikan, Rabu (8/11) kemarin. Acara tersebut menjadi momentum para mahasiswa untuk meningkatkan pengetahuan mereka mengenai penyusunan proposal PKM, strategi pengusulan proposal, dan pendanaan PKM dalam berbagai skema.

Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh berbagai narasumber kompeten di bidangnya. Narasumber utama adalah Dr. Abdul Qadir Muslim dari Universitas Brawijaya. Dia memberikan materi tentang pengusulan proposal dan klasterisasi PKM, penilaian proposal, serta penetapan pendanaan atau insentif.

- Advertisement -

Abdul Qadir Muslim memberikan wawasan yang berharga mengenai tahapan-tahapan penting dalam pengajuan proposal PKM dan cara memperoleh dana atau insentif yang memadai untuk mendukung penelitian dan pengabdian masyarakat.

Narasumber kedua adalah Lestariningsih, S.Pt., M.P. dari Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Dia memberikan materi mengenai pendanaan PKM dalam delapan bidang yang berbeda, pelaksanaan dan pelaporan kemajuan kegiatan, penilaian kemajuan pelaksanaan PKM, serta penyusunan laporan akhir kegiatan. Lestariningsih juga berbagi strategi dan trik untuk berhasil lolos dalam kompetisi PKM, yang menjadi hal yang sangat dinantikan oleh para peserta pelatihan.

Ketua Departemen Administrasi Pendidikan, Dr. Teguh Triwiyanto, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa tema pelatihan ini adalah Fokus SDGs dalam Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Hal ini sejalan dengan visi universitas dalam memberikan kontribusi nyata terhadap mutu pembangunan berkelanjutan dan mencapai tujuan Sustainable Development Goals – SDGs. “Pembangunan pendidikan diarahkan lebih komprehensif, mencakup isu-isu yang lebih luas dan menekankan keterkaitan berbagai tantangan global, pendidikan ditujukan untuk semua,” katanya.

Teguh menambahkan, PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap dan tanggung jawab. “Yang tidak kalah penting, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu administrasi pendidikan,” kata dia.

Acara ini diikuti oleh lebih dari 180 peserta mahasiswa, yang bersemangat untuk mengembangkan ide dan proyek mereka dalam kerangka PKM. Pelatihan ini diharapkan akan membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk berhasil dalam mengajukan proposal PKM dan berkontribusi positif terhadap masyarakat dan pembangunan berkelanjutan 

“Pelatihan penulisan PKM ini menjadi langkah awal yang sangat penting untuk mendukung perkembangan kreativitas dan penelitian mahasiswa Universitas Negeri Malang, dan diharapkan akan membawa manfaat yang signifikan bagi kemajuan pendidikan dan masyarakat Indonesia,” tandasnya. (imm)

- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img