spot_img
Monday, July 15, 2024
spot_img

Desa Srigonco Gelar Selamatan Adat Sesaji

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Festival Adat Budaya Desa Srigonco, Kecamatan Bantur digelar Selasa (9/7). Kegiatan dalam rangka Selamatan Adat Sesaji 1 Suro ke-118 dihadiri langsung Bupati Malang, HM Sanusi. Di Pendopo Pantai Regent Balekambang, Sanusi tidak hanya menyaksikan rangkaian kegiatan.

Tapi orang nomor satu di Pemkab Malang ini juga menyerahkan bantuan fasilitas bersih desa. Bantuan tersebut secara simbolis diterima Ketua Adat Desa Srigonco, Karyo Siono. Dalam sambutannya, Sanusi menyambut baik kegiatan tersebut. Festival Adat Budaya dikatakan dia, ini tidak hanya kegiatan seremonial yang digelar setiap tahun.

Namun memiliki makna mendalam.“Festival Adat Budaya yang di dalamnya  terdapat larung sesaji menjadi simbol rasa syukur kita kepada Allah SWT, yang sudah memberikan nikmat dunia. Kegiatan ini sekaligus menjadi ajang silahturahmi antarwarga,” katanya. Sanusi melihat ada keguyuban dan kekompakan warga dalam  pelaksanaan event budaya ini.

Dia pun mengaku sangat bangga. “Semoga kegiatan ini mampu menjadi wadah silaturahmi guna memperkokoh semangat kekeluargaan dan kebersamaan kita semua,” ujarnya. Sanusi juga mengatakan, bahwa bulan Suro dipercayai oleh kalangan masyarakat Jawa sebagai bulan yang sakral dan suci.

Suro disebutkan mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang itu, berasal dari akulturasi antara budaya Islam dan Jawa, di mana keduanya memiliki keistimewaan tersendiri bagi masyarakat Jawa. “Tidak sedikit orang mempercayai bulan Suro sebagai bulan keramat dalam kehidupan spiritual,” ungkapnya.

Tapi demikian, dia meminta menyambut bulan tersebut dengan melakukan perbuatan baik. Yaitu perbuatan yang selalu mengingatkan manusia kepada Sang Pencipta sekaligus untuk membersihkan desanya dari segala marabahaya. “Larung sesaji ini tidak lain sebagai upaya kita untuk menciptakan keselarasan dan keserasian dengan alam semesta,” tambahnya.

Sebelum larung sesaji, Sanusi pun mengajak seluruh masyarakat yang hadir bersama-sama berdoa kepada Allah SWT, agar selalu mendapatkan keselamatan, kemakmuran  juga kesejahteraan. Kegiatan Festival Adat Budaya Desa Srigonco ini sendiri mendapat respon dari masyarakat dan wisatawan.

Mereka berbondong-bondong mendatangi Pantai Balekambang dan melihat langsung rangkai prosesi Festival Adat Budaya tersebut. Tidak hanya dari Desa Srigonco. Tapi banyak yang dari luar desa. Mereka ingin menyaksikan lansung seluruh prosesi Festival Adat Budaya yang digelar Pemerintah Desa Srigonco, Bantur tersebut. (ira/mar)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img