MALANG POSCO MEDIA, MALANG- PT Tugu Media Komunikasindo (Tugu Media Group) melaporkan owner Event Organizer (EO) Barrat Entreprise, Diah Ayu Satiarini ke Polresta Malang Kota. Warga Jalan Sedap Malam Nomor 11 A Kota Malang itu diduga kuat melakukan penipuan dan penggelapan modal dan keuntungan dalam acara Women’s Day Out, September 2022 lalu.
Barrat Enterprise diduga membawa kabur uang penyertaan modal kerjasama senilai Rp 131 juta yang diinvestasikan PT Tugu Media Komunikasindo dalam event konser musik serta beauty festival tersebut. Atas pengaduan itu, Polresta Malang Kota mengeluarkan Surat Perintah Penyelidikan dengan nomor: Sp.Lidik/179/1/2023/Satreskrim.
Advokat MS. Alhaidary, SH, MH, kuasa hukum Tugu Media Group menerangkan, pihaknya sudah melayangkan somasi kepada Diah Ayu dan Agung Barrat, suaminya, mengklarifikasi dan mengonfirmasi pengembalian uang penyertaan modal kerjasama. “Somasi dilayangkan 9 Januari 2023 lalu. Hanya saja, somasi tersebut tidak berbalas,” ungkap Haidary, sapaannya.
Menurutnya, janji Diah Ayu untuk menemuinya tidak pernah terwujud. Saat ini, pihaknya juga menunggu proses penyelidikan yang dilakukan Satreskrim Polresta Malang Kota. “Terlapor tidak memiliki itikad baik sehingga klien kami melaporkan mereka ke Polresta Malang Kota,” terang pengacara senior itu.
Apalagi, sejak diajak bertemu usai event yang mereka klaim rugi, Diah Ayu selalu berusaha menghindar. Bahkan, mereka pindah dari rumah sebelumnya di Jalan Balean Barat 77 Kota Malang, ke Jalan Sedap Malam Nomor 11 A Kota Malang. “Sangat tidak profesional,” ujar CEO PT Tugu Media Komunikasindo (Tugu Media Group), Irham Thoriq.
Kepada Malang Posco Media, dia menjelaskan bila sudah menemui panggilan polisi untuk dimintai keterangan, Jumat, 27 Februari 2023 lalu. “Selama lima jam, kami dimintai keterangan,” ungkapnya. Dia tidak sendiri, melainkan bersama GM Tugu Media Group, Bayu Eka Novanta dan Manager Pengembangan Bisnis, Fajrus Sidiq sebagai saksi.
Untuk diketahui, acara Women’s Day Out dengan bintang tamu Rizky Febian dan Yovie & The Nuno pada 17-18 September 2022 di Dome UMM berlangsung sukses dan meriah. Jauh sebelum penyelenggaraan event tersebut, Tugu Media Group dan Barrat Enterprise juga telah beberapa kali saling bertemu. Hingga akhirnya dituangkan dalam surat perjanjian kerjasama.
“Dengan kesepakatan, pengembalian uang kepada masing-masing pihak dilakukan setelah perhitungan tiket dan sponsor terinput dan sponsor terbayar,” papar Thoriq, sapaannya. Dia bersepakat mendukung event itu dengan menyetor uang penyertaan modal sebesar Rp 105 juta dan Rp 26 juta untuk biaya perizinan, uang keamanan, dan akomodasi lainnya.
“Total yang kami keluarkan sekitar Rp 131 juta. Terlapor sepakat, uang akan dikembalikan berikut keuntungannya setelah event selesai,” lanjut dia. Adapun keuntungan yang diperoleh dari sponsor dan tiket akan dibagi masing-masing 50 persen setelah dipotong biaya produksi. Pun juga ketika mengalami kerugian, akan ditanggung bersama masing-masing 50 persen.
Namun, acara tersebut justru cukup lancar, sukses dan meriah. Begitu banyak penonton berikut sponsor, booth dari produksi kosmetik kecantikan, serta kuliner,” kata Thoriq. Namun, di sela-sela kegiatan yang begitu ramai dan meriah, Agung Barrat beberapa kali menyampaikan event itu untungnya sedikit dan kalaupun rugi juga ruginya sedikit. (mar)