spot_img
Thursday, June 20, 2024
spot_img

Dies Natalis Polinema, Gelar Expo Hasil Riset

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Dalam rangka Dies Natalis ke-41 Politeknik Negeri Malang (Polinema) menggelar expo produk inovasi karya civitas akademika. Kegiatan ini digelar sejak Senin (22/5) hingga Kamis (25/5) kemarin. Temanya adalah Penguatan Produk Inovasi Polinema untuk mendukung akselerasi kemitraan daerah, dunia industri dan UMKM.

Ketua Panitia Expo, Erfan Rohadi, ST., M.Eng., Ph.D, Erfan Rohadi, Ph.D mengatakan terdapat 45 peserta yang ikut meramaikan expo kali ini. Terdiri dari jurusan, mitra UMKM dan para peneliti. “Kegiatan ini merupakan wujud kolaborasi antara Polinema dengan dunia usaha dan dunia industri serta UMKM,” katanya.

Beberapa stand yang tampil di expo ini antara lain Desa Mitra, Dewan Kampung, Pusat Riset : Smart Green Energi, Pritti, advenced manufacturing, Isfor, dan lain-lain. Hadir juga Politeknik mitra Polinema. Seperti

Politeknik Perkapalan Surabaya dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. “Harapan kami kegiatan ini menjadi wadah untuk dapat mewujudkan akselerasi kemajuan masing-masing pihak yang terlibat,” harapnya.

Sementara itu, Direktur Polinema  Supriatna Adhisuwignjo, ST., MT., mengatakan di usianya yang sudah 42 tahun Polinema dapat memberikan warna dan kontribusi di dunia pendidikan tinggi vokasi. Karena 42 tahun bukan lagi usia yang muda. Kampus ini sudah mencapai usia yang matang.

Dan itu sudah dibuktikan dengan semua pencapaian yang sudah diraih hingga saat ini. “Harapan kami Polinema akan bisa menjadi perguruan tinggi vokasi yang semakin dewasa. Bisa menunjukkan kontribusinya bagi pembangunan bangsa dan negara,” katanya.

Supriatna juga menyampaikan bahwa kemajuan pesat yang dicapai Polinema saat ini tidak lepas dari jerih payah dan jasa para pendiri dan perintis. Dia sebagai pemimpin saat ini terus berupaya berbenah dan meningkatkan mutu tata kelola maupun layanan. Termasuk memperkuat jejaring kemitraan.

“Kami berikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para pendiri dan perintis yang telah mengantarkan dan mengawal perguruan tinggi ini dengan segala dinamikanya,” kata dia.

Kepada civitas akademika Polinema, Supriatna mengingatkan bahwa tantangan ke depan semakin berat. Butuh upaya besar untuk dapat menjawab tantangan tersebut.

“Untuk itu kami imbau kepada seluruh civitas akademika Polinema untuk lebih peduli pada segenap perkembangan yang terjadi baik di dalam maupun luar kampus. Disertai dengan komitmen dan kerja keras sesuai dengan tupoksi dan tanggung jawab masing-masing,” ucap Supriatna.

Kegiatan Expo dibuka secara resmi oleh direktur Polinema dengan pemukulan gong. Hadir menyaksikan secara virtual Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Dr. Ir. Kiki Yuliati, M.Sc. 

Dalam kesempatan tersebut Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Dr. Ir. Kiki Yuliati, M.Sc mengucapkan Dirgahayu Politeknik Negeri Malang. Menurutnya, perjalanan 41 tahun ini telah memberikan makna positif bagi masyarakat. “Pada momen dies natalis, kita tidak hanya sedang merayakan dan mensyukuri, tetapi juga perlu mengevaluasi diri,” katanya.

Kiki menambahkan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemdikbudristek terus mendorong inovasi, kolaborasi, serta terobosan-terobosan dalam memberikan layanan terbaik pendidikan vokasi.

“Ini telah dicontohkan Politeknik Negeri Malang melalui expo produk inovasi ini untuk mengimplementasikan agenda transformasi pendidikan untuk menuju kampus vokasi yang mandiri,” tandasnya. (imm)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img