spot_img
Wednesday, April 17, 2024
spot_img

Diluar Dugaan: Gaun Malam Putri Diana Terjual 11 Kali Lebih Mahal di Hollywood

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Sebuah gaun malam yang pernah dipakai oleh Putri Diana pada tahun 1985 berhasil terjual dalam sebuah lelang di Hollywood dengan nilai hampir mencapai 1,15 juta dolar AS (sekitar Rp 17,8 miliar). Angka tersebut 11 kali lebih tinggi dari perkiraan awal dan mencatatkan rekor harga tertinggi untuk salah satu dari gaunnya.

Sebagaimana dilaporkan oleh The Guardian pada hari Selasa, gaun tersebut memiliki desain paduan warna biru dan hitam dengan aksen balerina beludru. Gaun ini dirancang oleh desainer Maroko-Inggris, Jacques Azagury, yang dilengkapi dengan bantalan bahu empuk dan korset beludru hitam. Gaun ini juga memiliki sulaman bintang menggunakan benang metalik yang terbuat dari kain Jakob Schlaepfer, serta rok organza dua tingkat berwarna biru royal dengan selempang dan pita.

Pakaian tersebut dikenakan Diana sewaktu makan malam di Palazzo Vecchio di Florence saat melakukan tur kerajaan bersama suaminya, Charles, yang diselenggarakan oleh walikota Florence pada bulan April 1985. Diana juga pernah memakai gaun ini sekali lagi di Vancouver Symphony Orchestra pada tahun 1986.

Gaun itu dijual di sebuah acara pada Minggu malam bertajuk Julien’s Auctions dan Turner Classic Movies Present: Hollywood Legends seharga total 1.148.080 dolar AS (907.000 euro) yang sebelumnya diperkirakan akan terjual seharga 100.000 dolar AS.

Gaun tersebut kini menjadi gaun termahal yang dikenakan mendiang anggota kerajaan yang dijual di lelang. Pemegang rekor sebelumnya, gaun beludru tahun 1991 karya Victor Edelstein, terjual 604.800 dolar AS pada bulan Januari.

Belum diketahui identitas pembeli gaun Azagury yang dilengkapi ilustrasi senada.

Menurut juru lelang, rok balerina tersebut dianggap sebagai pengakuan atas kecintaan Diana terhadap tari dan dirinya sebagai pelindung Balet Nasional Inggris. Katalog menggambarkannya sebagai “gaun malam panjang balerina yang indah dan romantis”.

Diana mengenakan banyak gaun dan dress karya Azagury, salah satu favoritnya adalah minidress georgette sutra biru es yang dikenakan pada 3 Juni 1997 ke Royal Albert Hall untuk pertunjukan Swan Lake.(ntr/mpm)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img