spot_img
Thursday, February 22, 2024
spot_img

Dinas Perikanan; Fasilitasi Sarana Nelayan

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Dinas Perikanan Kabupaten Malang melakukan upaya dalam hal peningkatan hasil tangkapan ikan oleh para nelayan di Kabupaten Malang. Salah satu yang dilakukan adalah memberikan bantuan sarana dan prasarana tangkap nelayan. Yaitu berupa kapal, alat tangkap dan alat bantu tangkap.

“Tahun ini, kami kembali anggarkan untuk hibah kepada nelayan. Bentuknya berupa kapal, alat tangkap dan alat bantu tangkap,” kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malang, Victor Sembiring. Pria ini mengatakan jika bantuan itu diharapkan memberikan semangat kepada nelayan untuk tetap melaut.

“Kondisi saat ini cuasa memang sedang tidak bersahabat. Ombak tinggi, hanya beberapa nelayan yang berani melaut. Kami berharap dengan bantuan yang diberikan nanti membuat nelayan semangat untuk melaut,” tambahnya.

Dia menjelaskan, jika tahun 2024 ini target tangkapan ikan air laut yaitu 23.500 ton. Naik tiga persen dibandingkan tahun 2023 lalu. Sesuai data Dinas Perikanan, perolehan tangkapan ikan tahun 2023 lalu yaitu 22.905 ton. “Kami memberikan semangat para nelayan, agar target tersebut dapat terpenuhi,” tambahnya.

Victor juga mengatakan selain memberikan bantuan kapal, atau alat bantu tangkap, Dinas Perikanan juga siap memfasilitasi para nelayan. Terutama dalam hal permodalan. “Kami akan memfasilitasi permodalan bagi nelayan melalui kredit perbankan,” ungkapnya. Victor tidak menampik jika modal sangat dibutuhkan para nelayan.

Dan sejauh ini atas fasilitas dari Dinas Perikanan, nelayan pun mudah untuk mendapatkan modal baik melalui KUR maupun kredit perbankan lainnya. “Yang paling kami upayakan untuk meningkatkan tangkapan ikan bagi nelayan adalah memfasilitasi pemasaran hasil tangkapan nelayan dengan para pedagang dan Unit Pengolah Ikan (UPI),” tegasnya. (ira/mar)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img