spot_img
Thursday, February 22, 2024
spot_img

Dishub Petakan Titik Parkir Baru

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG– Tidak tercapainya target parkir di tahun 2023, membuat Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Malang berpikir keras. Terlebih tahun 2024 target pendapatan Parkir juga naik. “Saat ini kami masih menyusun strategi untuk bisa meningkatkan target pendapatan,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Malang Bambang Istiawan.

“Apalagi tahun ini target pendapatkan kami naik,” ujarnya. Dia tidak menjelaskan berapa kenaikan pendapatan parkir di tahun 2024. Yang pasti dia mengatakan melakukan upaya ekstra keras untuk bisa mencapai target tersebut. Salah satunya adalah dengan melakukan pemetaan titik parkir baru.

“Ini termasuk parkir insidentil ya. Seperti adanya  kegiatan hiburan, di desa-desa,’’ urainya. Untuk parkir insidentil ini, pihaknya akan bekerjasama dengan karang taruna di seluruh desa se-Kabupaten Malang. Mantan Kepala Satpol PP Kabupaten Malang ini mengaku jika potensi parkir di Kabupaten Malang ini cukup besar.

Hanya saja, pihaknya tidak bisa maksimal lantaran minimnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki Dinas Perhubungan Kabupaten Malang sangat terbatas. “Setiap hari saat ini anggota melakukan patroli ke wilayah-wilayah untuk mengidentifikasi titik parkir baru,’’ urainya.

Terpisah Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Malang Ir Tomie Herawanto sepakat dengan strategi yang diusung oleh Dinas Perhubungan. Yaitu pemetaan wilayah untuk menentukan titik parkir baru. Tapi demikian, dia menekankan itu bukan satu-satunya strategi yang dimiliki Dinas Perhubungan.

“Kalau saya sepakatnya selain memetakan area parkir baru, juga membuat inovasi baru. Yaitu menggandeng swasta untuk meningkatkan pendapatan parkir,’’ katanya. Dengan menggandeng pihak swasta, selain dapat mendongkrak pendapatan, Dinas Perhubungan juga bisa lebih fokus pada program lainnya.

“Contohnya ada 10 titik parkir baru. Ditawarkan saja pengelolaannya kepada swasta dengan target angka tertentu. Dengan begitu lebih efisien, dan target dapat tercapai,’’ tambahnya. Tomie juga mengatakan dengan menggandeng swasta, maka dapat meminimalisir risiko terjadi kebocoran pada pendapatan parkir. (ira/mar)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img