spot_img
Monday, July 15, 2024
spot_img

Disperpusip Jatim Gelar Lomba Esai Ragam Pesona Jatim

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Gandeng Perpusnas Jaring Minat Penulis

Malang Posco Media, SURABAYA – Untuk menjaring para penulis berbakat di Jatim, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Jatim bersama Perpusnas Press menggelar lomba menulis esai. Acara dikemas dalam kegiatan Inkubator Literasi Pustaka Nasional (ILPN) Jawa Timur tahun 2024 itu mengangkat tema “Ragam Pesona Jatim”.

Mengawali pelaksanaanya, kegiatan tersebut diawali dengan kegiatan sosialisasi ILPN Jatim tahun 2024 di Graha Pustaka, Kantor Disperpusip Jatim, Jl. Menur Pumpungan 32 Surabaya, Kamis (20/6/2024).

Bersama Pimpinan Redaksi Perpusnas Press Edi Wiyono, Kepala Disperpusip Jatim Ir. Tiat S. Suwardi, MSi membuka acara tersebut.

“Semestinya acara ini sudah dilaunching 12 Juni 2024 lalu di acara Gerakan Indonesia Membaca yang dilaksanakan di Hotel Movenpick, Surabaya. Dan sekarang baru dilaksanakan sosialisasinya,” kata Tiat S. Suwardi.

Tiat menyebut, total ada 90 peserta yang terlibat dalam sosialisasi ini. Mereka mendapat pembekalan dari sejumlah narasumber.

Menurutnya, peningkatan literasi di Jatim merupakan kebutuhan yang mendesak. Disamping itu juga membutuhkan perhatian serius dari semua pihak.

“Bukan hanya tanggung jawab pemangku kepentingan yang berkutat di dunia perpustakaan saja, tetapi semua lapisan masyarakat pentahelix,” katanya.

Saat ini, sebut Tiat, upaya pemerintah masih terfokus pada penguatan literasi dasar seperti membaca, menulis, berhitung dan berbicara saja. Sementara di negara lain, saat ini sudah melampaui semua itu.

Dirinya tak memungkiri, Indonesia masih menghadapi tantangan melek huruf, kurangnya minat baca dan rendahnya literasi sains.

“Kemampuan literasi sangat penting dalam menentukan daya saing seseorang,” tandasnya.

Oleh karena itu, sambung Tiat, perlu upaya peningkatan kemampuan literasi masyarakat yang semakin nyata. Untuk Jatim sendiri, Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) sudah mengalami peningkatan cukup signifikan.

Berdasarkan kajian Perpusnas RI, pada tahun 2023, TGM masyarakat Jatim tergolong sedang yaitu mencapai 69,78. Angka ini meningkat dari tahun 2022 sebesar 68,54.

“Untuk Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) nya tahun 2023, Jatim 75,18. Nilai TGM dan IPLM Jatim tahun 2023 masih di atas rata-rata nilai nasional dengan nilai 66,77 untuk TGM dan IPLM sebesar 69,42,” terangnya. (has)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img