Malang Posco Media, Malang – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melalui Rumah BUMN Malang terus mendorong transformasi pelaku UMKM agar semakin adaptif di era digital. Bekerja sama dengan platform marketplace ternama, Rumah BUMN Malang menggelar pelatihan pengembangan usaha berbasis digital pada tanggal 5-6 Mei 2025, yang diikuti oleh 160 UMKM binaan BRI Group (BRI, PNM, dan Pegadaian). Selaras dengan peran dari Rumah BUMN, antara lain sebagai wadah pengembangan UMKM, Basecamp Millenials, Co working Space, Informasi Tanggap Bencana, dan Program Kemitraan.
Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pendampingan langsung kepada pelaku UMKM agar mampu mengoptimalkan pemanfaatan teknologi digital, khususnya dalam pemasaran produk melalui marketplace. Materi pelatihan mencakup strategi pemasaran online, pembuatan konten produk, hingga teknik mengelola toko digital.
CEO Rumah BUMN Malang, Gita Ayu Puspita Sari, menyampaikan digitalisasi menjadi kunci penting dalam peningkatan daya saing UMKM di tengah pesatnya perkembangan teknologi.

“Kami ingin UMKM binaan mampu menjangkau pasar yang lebih luas melalui kanal digital. Kolaborasi dengan marketplace ini memberikan panduan langsung dan akses yang konkret agar mereka bisa segera praktik menjual produknya secara online,” ujar Gita.
Aldian Giovano pemilik CV Jinawi Natural, UMKM yang memproduksi homemade natural skin & bodycare yang merupakan salah satu peserta pelatihan menyampaikan terima kasih kepada Rumah BUMN by BRI karena telah diundang dan diperkenankan untuk mempromosikan produknya.
“Saya sampaikan terima kasih kepada Rumah BUMN BRI, atas ilmu yang diberikan mengenai marketplace kepada kami para UMKM. Semoga di pelatihan-pelatihan berikutnya, kami bisa diundang lagi serta memberikan kesempatan untuk dibantu mempromosikan produk kami,” ungkap Aldian.
Peserta pelatihan berasal dari berbagai sektor usaha seperti fashion, kerajinan tangan, hingga produk rumah tangga. Program ini menjadi bagian dari komitmen Rumah BUMN untuk memberikan akses teknologi e-commerce dan pelatihan praktikal yang relevan bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah.
Melalui Rumah BUMN, BRI Group senantiasa hadir untuk mendorong pemberdayaan UMKM secara menyeluruh, dari sisi pembiayaan hingga peningkatan kapasitas dan akses pasar, termasuk melalui transformasi digital. (*/nda)