spot_img
spot_img
Sunday, April 14, 2024
spot_img
spot_img

DUDIKA Incar Lulusan POLTEKKES PIM

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Lulusan Kefarmasian masih menjadi incaran bagi beberapa instansi kesehatan dan industri kefarmasian untuk mendapatkan alumni yang berkualitas. Sebab, lulusan ini sangat langka dan sulit didapatkan karena minimnya jumlah kampus kefarmasian di Indonesia.

Poltekkes Putra Indonesia Malang (POLTEKKES PIM) sebagai salah satu kampus yang fokus di bidang kefarmasian banyak menerima permintaan tenaga kefarmasian. Hal ini terbukti sebelum dilakukan wisuda tahun 2023, sekitar 50% lulusan prodi ANAFARMA sudah direkrut berbagai industri kefarmasian.

Saat ini bahkan, sebanyak 81% alumni sudah bekerja di industri farmasi, makanan, minuman, kosmetik dan alat kesehatan sedang. sisanya berproses melamar kerja dari perusahaan besar yang lebih bergengsi.

“Saat ini, 65% alumni prodi Farmasi POLTEKKES PIM mendapat pekerjaan pertama sebelum wisuda. Rata-rata mereka diterima di sektor pelayanan apotek, rumah sakit, klinik dan pedagang besar farmasi,” ujar Wadir 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan POLTEKKES PIM, Endang Susilowati, S.Si, M.Farm-Klin,Apt.

Saat ini, banyak instansi kesehatan dan industri ternama di Indonesia melakukan interview kepada lulusan POLTEKKES PIM di Jalan Barito 5 Kota Malang. “Tapi ada beberapa orang yang memilih untuk melanjutkan studi S1 Farmasi,” terangnya.

“Tracer studi pusat karir POLTEKKES PIM menunjukan bahwa hampir di instansi kesehatan dan industri farmasi adalah lulusan PIM. 42% Analis Quality Control (QC) di PT. Balatif , 47% Analis Research & Development (RnD) PT. Kosmetika Global Indonesia, 77% tenaga teknis kefarmasian RSI Aisyiyah Malang, 86% Tenaga Teknis Kefarmasian Persada Hospital,” tambahnya.

Berbagai upayapun dilakukan oleh kampus yang bertagline “Touch Your Future” ini demi memenuhi permintaan tenaga kerja kefarmasian diantaranya membuat grup alumni untuk wadah informasi lowongan kerja, memfasilitasi DUDIKA (Dunia Usaha Dunia Industri dan Dunia Kerja) untuk mengadakan Open Recruitment di kampus.

Selain itu, membekali kompetensi softskill komunikasi efektif, mengundang praktisi dalam forum kuliah tamu untuk memberikan update keilmuan yang berkembang di dunia kerja serta menambah jumlah kerjasama dengan DUDIKA. “Maka tak heran saat ini POLTEKKES PIM menjadi Favorit DUDIKA dalam mencari tenaga kerja yang berkualitas,” ujar.

Selain itu kampus yang mempunyai jargon “Karir Bergengsi Tak Hanya Mimpi” ini juga sudah melakukan kerjasama dengan berbagai DUDIKA. Mulai dari industri farmasi, industri makanan, industri kosmetik, industri obat tradisional, industri alat kesehatan, instansi pengujian produk, rumah sakit, apotek, dan klinik. “Dengan kerjasama yang dilakukan ini, harapannya Kampus PIM semakin dikenal dan mampu menawarkan solusi hingga inovasi dibidang kefarmasian kepada masyarakat,” tegasnya. (mar)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img