spot_img
spot_img

Dunia Ikut Berduka

MALANG POSCO MEDIA- Tragedi Kanjuruhan Kepanjen Kabupaten Malang, Sabtu (1/10) malam jadi perhatian dunia. Mulai dari kalangan sepak bola, diplomat hingga artis Korea seperti Lee Min Ho ikut berduka.

Presiden FIFA Gianni Infantino angkat bicara. Sebab  kejadian yang menewaskan 125 orang itu masuk tiga besar kategori bencana di sepak bola dunia.

“Dunia sepak bola sedang shock menyusul insiden tragis yang terjadi di Indonesia pada akhir pertandingan antara Arema FC dan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan,” kata Presiden FIFA Gianni Infantino.

Menurut dia kejadian tersebut menjadi awan mendung bagi semua yang terlibat dalam sepak bola. Tragedi yang dianggap sulit untuk dipahami. Namun dia menegaskan, doa dan dukungan untuk semua korban dalam bencana tersebut.

“Ini adalah hari yang gelap bagi semua yang terlibat dalam sepak bola dan sebuah tragedi di luar pemahaman. Saya menyampaikan belasungkawa terdalam saya kepada keluarga dan teman-teman para korban yang kehilangan nyawa setelah insiden tragis ini,” katanya. “Bersama FIFA dan komunitas sepak bola global, semua pikiran dan doa kami bersama para korban, mereka yang telah menjadi korban. terluka, bersama rakyat Republik Indonesia, Konfederasi Sepak Bola Asia, Persatuan Sepak Bola Indonesia, dan Liga Sepak Bola Indonesia, pada saat yang sulit ini,” sambung Gianni Infantino.

Berita Lainnya:  Di Jalan Ijen, Aremania Suguhkan Aksi Teatrikal

Beberapa klub sepak bola dunia juga turut berbelasungkawa atas Tragedi Kanjuruhan. “FC Barcelona berduka atas peristiwa tragis di Stadion Kanjuruhan di Indonesia dan menolak segala tindakan kekerasan baik di dalam maupun di luar lapangan. Belasungkawa yang tulus kami sampaikan kepada keluarga dan teman-teman para korban,” tulis klub sepak bola asal Spanyol, FC Barcelona.

Tak ketinggalan klub Liga Inggris, Arsenal turut memberikan ucapan belasungkawa, “Kami sangat sedih mengetahui peristiwa di Malang di Stadion Kanjuruhan Indonesia hari ini. Bersama dengan semua orang yang memiliki koneksi pada sepak bola, pikiran kami bersama semua orang yang terkena dampak tragedi ini,” begitu keterangan klub tersebut.

Tak hanya klub sepak bola dunia, beberapa pemain dunia pun menyampaikan rasa belasungkawa terhadap tragedi yang terjadi di Malang. Ucapan datang dari legenda Spanyol yang bermain untuk klub Paris Saint Germain, Sergio Ramos, dan legenda Jepang Keisuke Honda.

Presiden Real Madrid, Florentino Perez dan para Socios mengheningkan cipta saat rapat umum, untuk menghormati para korban kerusuhan di Stadion Kanjuruhan.

“Saya ingin memperingati para korban tragedi yang  terjadi dalam beberapa jam terakhir, di sebuah stadion di Indonesia, dimana lebih dari seratus orang telah kehilangan nyawa mereka. Belasungkawa kami yang terdalam untuk semua keluarga mereka,” kata Florentino Perez melalui Real Madrid TV. 

Berita Lainnya:  Tetap Kencang Usut Tuntas!

Aktor Korea Selatan Lee Min Ho juga turut berduka. Itu diungkapkan Lee Min Ho dalam postingan Instagram miliknya sekitar pukul 14.15 WIB kemarin. Tak banyak kata-kata dan kalimat yang disampaikan. Tulisan itu ditulis dalam background warna hitam.

“Pray for Indonesia Kanjuruhan,” tulis Lee Min Ho pada akun Instagram pribadinya.

Postingan aktor yang terkenal karena membintangi The King Eternal Monarch ini langsung ramai dikomentari netizen Indonesia. Banyak komentar yang mengucapkan terima kasih atas perhatiannya kepada Indonesia.

Baru satu jam memposting sudah disukai oleh 877.309 orang dan dikomentari oleh 55.369.

Kalangan diplomat juga menyatakan rasa simpati mereka. Di antaranya Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins, Duta Besar Jerman untuk Indonesia, ASEAN dan Timor Leste, Ina Lepel. Media asing pun ikut mengulas. Salah satunya media Inggris Mirror.co.uk yang menurunkan berita berjudul “127 football fans killed in mass riot involving tear gas as league suspended”.

Media Inggris lain yang juga memuat kabar Tragedi Kanjuruhan yakni The Guardian.  (ley/van)



BERITA LAINNYA