spot_img
Thursday, June 20, 2024
spot_img

EDITORIAL; Gaji Naik Harus Makin Ber-AKHLAK

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA – Kabar kenaikan gaji PNS Tahun 2024 adalah hal wajar. Sebagai abdi negara, apresiasi terhadap mereka, ya dengan menaikkan gaji. Namun yang pasti dan harus menjadi targetnya, kenaikan ini harus berbanding lurus dengan kinerja mereka di tahun mendatang.

Bukan rahasia lagi kalau kinerja PNS masih dinilai buruk oleh masyarakat. Meski sektor pelayanan di berbagai lini berusaha diperbaiki, dipermudah agar membuat masyarakat lebih terlayani dengan mudah. Namun faktanya masih ada saja pelayanan terhadap masyarakat yang terbilang belum cepat, rumit dan lama.

Dengan dinaikkan gajinya, pemerintah berharap kinerja PNS di semua sektor lebih meningkat. Target dari semua program yang dicanangkan bisa dipenuhi. Dan serapan anggaran yang sudah dianggarkan juga bisa terserap maksimal. Sehingga tidak hanya menghasilkan SILPA besar di akhir tahun.

Kenaikan gaji harusnya juga lebih memacu PNS untuk lebih giat melakukan terobosan program. Jangan lagi ada ketakutan menjalankan program hanya karena takut nanti dikategorikan korupsi. Tahun 2024 mendatang, PNS harus lebih lincah, gesit dan trengginas.

Bukan hanya pandai menggenjot pendapatan asli daerah (PAD), tapi juga pandai melakukan program-program secara tuntas dalam setiap tahunnya. Jangan sampai tidak menjadi kedua duanya. Tidak pandai menggenjot perolehan PAD dan juga tak cakap menyerap anggaran karena takut dikategorikan korupsi.

Pada 27 Juli 2021 Presiden Joko Widodo meluncurkan Core Values ‘Ber-AKHLAK’ dan Employer Branding ASN ‘Bangga Melayani Bangsa’ bagi Aparatur Sipil Negara. Nilai-nilai ASN BerAKHLAK merupakan semboyan dan pondasi baru bagi ASN di Indonesia. BerAKHLAK akronim dari Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Core Values ASN ini sebagai sari dari nilai nilai dasar ASN sesuai dengan Undang Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dalam satu kesamaan persepsi yang lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh seluruh ASN. Para ASN juga harus menjiwai employer branding ASN yaitu Bangga Melayani Bangsa.

Nilai-nilai yang terkandung dalam BerAKHLAK merupakan panduan perilaku bagi ASN yang harus dilaksanakan dengan penuh kesadaran dan tanggungjawab. Ber-AKHLAK berorientasi pelayanan. Ini maksudnya para ASN memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat, ramah, cekatan, solutif dan dapat diandalkan, kemudian melakukan perbaikan tanpa henti.

Kenaikan gaji jangan sampai menjadi ritual tahunan tanpa aksi. Apalagi dikotori dengan perilaku-perilaku korupsi yang tidak hanya merusak integritas ASN. Tapi juga merugikan negara dan masyarakat. Para ASN harus melaksanakan tugas-tugas dengan jujur, bertanggungjawab, cermat, serta disiplin dan berintegritas tinggi. Serta menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggungjawab, efektif dan efisien, dan tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan.

Sedikit dan sekecil apapun tindakan yang menyalahi Core Values dan Janji ASN, maka itu adalah kejahatan dan tindakan pengkhianatan terhadap negara. ASN adalah pekerjaan mulia. Menjadi abdi masyarakat adalah mulia. Karena itu jangan pernah dikotori atau dinodai dengan tindakan-tindakan manipulatif yang merusak martabat ASN dan negara.(*)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img