Serap Aspirasi Anggota DPRD Kota Malang Reses I Masa Sidang II 2022
MALANG POSCO MEDIA– Ketua Komisi A DPRD Kota Malang Drs H Rahman Nurmala MM menggelar dialog serap aspirasi dalam rangka reses. Ia menggelar dialog bersama warga di dapilnya Sukun, Senin (5/12) malam dan Selasa (6/12) malam.
Politisi Partai Golkar ini mengedukasi warga berkaitan dengan berbagai layanan publik. Pasalnya masih banyak warga yang belum mengetahui secara detail tentang tata cara atau mekanisme layanan publik.
“Tentang BPJS Kesehatan misalnya, warga perlu diberi pemahaman lebih detail. Mereka bisa menjadi peserta BPJS yang biayanya ditanggung Pemkot Malang. Sudah ada programnya. Asal warga Kota Malang. Ini memang harus disampaikan,” jelas Rahman Nurmala.
Selanjutnya Rahman Nurmala mengurai bahwa Pemkot Malang memiliki banyak kanal atau akses aduan. Seperti mengadukan masalah BPJS, jalan rusak dan terkait fasilitas umum lainnya melalui Sambat Online.
Menurut pensiunan birokrat senior ini, berbagai keluhan warga harus diketahui dan ditanggapi secepatnya. Sebab tujuan layanan publik untuk kepentingan masyarakat.
Ia juga memastikan segera meminta instansi terkait memberi sosialisasi administrasi kependudukan dan layanan publik lainnya. Contohnya mengurus akta kelahiran.
“Lalu ada juga soal pendidikan, mengeluh tentang sistem zonasi. Keluhan lain tentang pengurusan izin usaha dengan OSS yang sekarang berubah ke PBG (Persetujuan Bangunan Gedung). Kami nanti minta pemkot untuk lebih banyak mendampingi warga,” pungkas pensiunan pejabat Pemkot Malang ini. (ica/van)