spot_img
Thursday, June 20, 2024
spot_img

Es Degan Endah; Punya Banyak Varian, Sediakan Menu Lalapan

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA – Ingin menikmati minuman yang segar-segar, pilihan yang tepat adalah es degan atau kelapa muda. Ada warung di Kota Malang yang spesialis menjual es degan, yaitu ‘Es Degan Endah’. Seperti namanya, pemilik waruny ini adalah Endah Munarni (53). Warung ‘Es Degan Endah’ beralamatkan di Jalan Maninjau Selatan B1 No. D-27, Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

“Sebelum saya berjualan degan, saya sempat bekerja sebagai pegawai outsourcing PLN di Kota Surabaya selama beberapa tahun, dan pada tahun 2000-an mulai merantau di Kota Malang dengan berjualan berbagai buah-buahan di sebuah toko, lalu baru setelan 6 tahun berjalan lalu berjualan es degan hingga saat ini,” ungkap Bu Endah sapaan akrab Endah Munarni.

BERBAGAI KALANGAN: Pelanggan Es Degan Endah dari berbagai kalangan.

Untuk menu degan terdapat berbagai macam varian dan semuanya ready. Berikut beberapa variannya; degan utuh, degan ijo/obat, es degan ori, es degan madu, es degan susu, es degan cocopandan, es degan leci dan es degan jeruk nipis. Berbagai varian degan ini dibanderol mulai harga Rp 9 ribu hingga Rp 25 ribu.

Meski dikenalnya sebagai warung es degan, Endah mengaku juga menyediakan menu makanan. Diantaranya adalah menu lalapan, seperti lalapan tahu tempe hingga lalapan bebek goreng dengan harga mulai dari Rp 8 ribu hingga Rp 25 ribu.

“Selain es degan, saya juga menyediakan beberapa menu lalapan dan buah yang masih musim, contohnya sekarang saya ready buah jambu. Hal itu karena saya memanfaatkan channel ketika dulu saya masih berjualan buah-buahan di tahun 2000-an, alhamdulillah buah-buahan selain buah kelapa masih laris saya jual,” terang Endah kepada Malang Posco Media.

Lantaran sebelumnya sempat berjualan buah-buahan, maka tidak ketinggalan menu lengkap jus buah. Ada jus jambu, jus kiwi, jus jeruk, jus nanas, jus melon, jus semangka, jus strawberry, jus apel, jus pir, jus sirsat, jus durian, jus belimbing, jus tomat dan jus wortel. Jus ini mulai harga Rp 9 ribu, dan khusus untuk jus durian harga sedikit lebih mahal yaitu Rp12.000.

Untuk pemesanan online dapat melalui aplikasi gojek dan Grab dengan nama ‘Es Degan Endah’. Meski menurut Endah, saat ini pelanggan lebih suka memesan langsung ke warung, daripada pesan online. “Karena di sini pelanggan dapat memilih langsung degannya, tentu harga juga lebih murah,” yakin Endah.

LENGKAP: Selain es degan, tersedia juga berbagai macam buah sesuai musimnya.

Warung Es Degan Endah memiliki stok degan cukup banyak untuk berbagai kebutuhan para pelanggannya. Menurut Endah, rata-rata mencapai 900-an buah kelapa perhari. Diperoleh dari daerah Malang dan sekitarnya yaitu Bantur, Tumpang, Gondanglegi, Blitar, Gunung Kawi hingga dari Lumajang.

“Kami juga rutin kirim pesanan degan ke beberapa tempat seperti untuk katering, resto, hingga hotel, dari 5 kg hingga 30 kg. Disyukuri alhamdulillah, diberi rezeki. Berapapun kita dapat ya saya terima. Kalau untung rugi dalam berbisnis kan sudah biasa,” yakin Endah kepada Malang Posco Media.

Sementara itu, salah satu pelanggan mengaku puas dengan nikmatnya es degan yang sajikan Es Degan Endah. “Es degannya enak, terasa sekali daging degannya. Persediaan degan ijo nya juga cukup banyak di sini, jadi sewaktu-waktu saya butuh tidak khawatir,” sebut Wahyono, salah satu pelanggan Es Degan Endah. (dan/bua)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img