spot_img
Sunday, February 25, 2024
spot_img

Fans Berat Valentino Rossi Bikin Miniatur Figur, Pernah Diberi Akses Bertemu Tim VR46 Racing Team

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Yofan Hartono bukan sekadar fans Valentino Rossi. Ia mendalami sosok idolanya itu hingga membuat miniatur pebalap MotoGP tersebut. Karyanya kini dinikmati di sejumlah negara di kawasan Eropa dan Amerika.

Perjalanan karya Yofan dimulai dari tahun 2016. Saat itu, ia yang suka dengan Valentino Rossi sejak Kelas 4 SD  bergabung dalam grup pecinta miniatur MotoGP.

“Melihat miniatur figur pebalap MotoGP, kendaraan hingga aksesorisnya membuat saya tertarik. Akhirnya, saya mulai mencoba belajar custom figure dari pebalap MotoGP,” ceritanya.

Ide ini muncul karena harga figur pabrikan cukup mahal. Kemudian, ia juga mulai getol belajar, baik dari media sosial YouTube hingga belajar dari pengalaman alias eksperimen.

Bukan perkara mudah, bisa membuat figur secara detail dan mirip dengan aslinya. Ia yang tidak memiliki latar belakang desain digital, harus belajar secara bertahap.

“Karena saya suka sekali sama Valentino Rossi, saya akhirnya belajar satu per satu. Sampai akhirnya di tahun 2017, hasil karya saya yang pertama jadi. Saat itu, saya coba share ke media sosial dan ternyata ada yang mau membeli,” cerita alumnus SMA Immanuel Batu, Malang itu.

Pria berusia 30 tahun ini berhasil membuat figur idolanya  Valentino Rossi. Yofan mengatakan, untuk membuat satu figur, bisa memakan waktu hingga tujuh hari.

Menggunakan bahan dasar resin dan 3D resin, ia mulai memoles produk setengah jadi itu dengan cat secara manual. “Ada beberapa cat untuk mewarnai, seperti cat acrylic dan clear coat untuk finishing,” ungkapnya.

Meskipun bahan-bahan pembuatannya ini tidak sulit didapatkan, tetapi proses pembuatannya yang panjang menjadi nilai tersendiri. Belum lagi, kemampuan mengamati sosok asli agar sama persis dengan figur yang dibuatnya.

“Tahapannya, saya harus membuat desain di komputer. Khususnya untuk gambar label sponsor, logo-logo, dan lain sebagainya. Paling sulit membuat bagian helmetnya. Apalagi helmet itu bulat, jadi untuk menentukan dan pengaplikasian decal (stiker) tidak mudah,” jelasnya.

Sudah banyak sekali miniatur figur yang berhasil dihasilkan oleh tangan kreatif Yofan. Mulai dari miniatur berskala 1:12, figur karikatur, miniatur helmet pembalap MotoGP hingga miniatur motor dan mobil.

Terbaru, di Oktober 2023 lalu, Yofan berhasil membuatkan miniatur figur untuk pebalap dari VR46 Racing Team. Saat itu, ia berhasil membuat janji untuk bertemu saat gelaran MotoGP Mandalika 2023 lalu.

“Kemudian saya diberi akses untuk bertemu pebalap tim VR46 Racing Team. Saya bertemu pebalapnya, yaitu Luca Marini dan Marco Bezzecchi. Saya beri figur buatan saya kepada pebalap dari VR46 Racing Team, itu,” sebutnya.

Hasil karyanya yang luar biasa, ternyata sampai terpampang di acara internasional. Seperti di studio podcast YouTube dari channel MSGP. Selain itu, ia sudah mendapatkan banyak permintaan terkait pembuatan miniatur figur, dari berbagai kalangan.

“Kebetulan saya sudah pernah mengirim produk saya sampai ke negara-negara Asia, Australia, Eropa hingga Amerika. Kebanyakan yang paling diminati adalah figur Valentino Rossi,” ceritanya sambil tertawa.

Yofan saat ini sedang bersiap melebarkan sayap, untuk bisa membuat pesanan hingga ke seluruh penjuru dunia. Dirinya ingin menstabilkan produksi dengan banyaknya permintaan.

“Ke depan tentu harapan saya permintaan dan produksi ini bisa seimbang. Dan tentunya saya ingin, bisa terus memperluas jaringan dan jangkauan saya,” pungkas Yofan. (rex/van)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img