spot_img
Tuesday, May 21, 2024
spot_img

Field Study MIN 1 Kota Malang ke Jakarta, Siswa Belajar Langsung Di Gedung Parlemen RI

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Bukan siswa MIN 1 Kota Malang kalau tidak percaya diri. Inilah yang ditunjukan Kenzie, salah satu siswa kelas 5 MIN 1 Kota Malang saat berdialog dengan anggota Parlemen di Gedung DPR MPR RI, Selasa (14/5) kemarin. Dia bersama 251 temannya mengikuti program kegiatan Field Study ke Jakarta.

“Mengapa banyak orang ingin menjadi anggota parlemen? Apa tujuannya, apa fasilitas yang didapat kalau jadi anggota parlemen?,” tanya Kenzie, kepada Yenita Revi S.E. Kepala Sub Bagian Hubungan Antar Lembaga. Dari kunjungan tersebut banyak pengetahuan yang didapat siswa. Khususnya yang berkaitan dengan tugas-tugas anggota MPR dan DPR RI.

Kegiatan Field Study ini akan berlangsung hingga 17 Mei mendatang dengan beberapa agenda. Para siswa didampingi Kepala MIN 1 Kota Malang dan 25 guru. “Program ini bagian dari penguatan materi PKN dan beberapa pelajaran lainnya. Anak-anak kami bekali LKS dan mereka juga diminta membuat laporan,” ucap Korbid Humas MIN 1 Kota Malang, M. Dwi Cahyono M,Pd kepada Malang Posco Media.

Sebelum ke Gedung Parlemen, Rombongan Field Study siswa kelas 5 MIN 1 Kota Malang lebih dulu mengunjungi Masjid Istiqlal. Di Kompleks Parlemen, yang juga dikenal sebagai Gedung MPR/DPR/DPD RI, adalah tempat bersidang bagi tiga lembaga legislatif Indonesia: Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

SINERGI: Kepala MIN 1 Kota Malang, Siti Aisah, S.Ag., M.Pd dan para siswa disambut hangat oleh Kepala Sub Bagian Hubungan Antar Lembaga Parlemen RI Yenita Revi S.E.

Dalam sambutannya, Kepala MIN 1 Kota Malang, Siti Aisah, S.Ag., M.Pd., menyatakan harapannya agar kegiatan ini memberikan manfaat besar bagi para siswa.

“Saya mengucapkan terima kasih atas bantuan Ibu Revi dan beberapa pejabat di MPR-RI yang telah memungkinkan kami berada di sini bersama keluarga besar MIN 1 Kota Malang. Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan, dan kami berharap anak-anak dapat mengikuti dengan baik,” ucapnya.

Siti Aisah juga menekankan bahwa kegiatan ini bukan hanya rekreasi, melainkan bertujuan untuk belajar. “Kami berupaya memberikan inspirasi kepada anak-anak kelas 5 tentang peran dewan dalam mengatur negara ini menjadi lebih baik. Meski mungkin mereka tidak bercita-cita menjadi anggota dewan, paling tidak mereka bisa belajar dan memberikan masukan,” tambahnya.

Dengan program ini diharapkan para siswa akan lebih termotivasi untuk belajar dan mengejar cita-cita mereka, baik di bidang politik maupun bidang lainnya, dengan semangat dan dedikasi yang tinggi.

Setelah berkeliling di komplek Parlemen acara kemudian dilanjutkan menuju Seaworld pada sore harinya dan menuju ke hotel untuk istirahat. Hari ini kegiatan akan berlanjut belajar ke TMII. Hari berikutnya dilanjut ke Museum Pancasila Sakti, dan Monumen Nasional. (imm)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img