spot_img
spot_img

FMIPA UM Pasang Panel Surya di Lembah Dillem Wilis

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Tim Dosen dan Mahasiswa Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang (UM) mendorong wisata Sains Techno Park (STP) di Dillem Wilis, Desa Dompyong, Kecamatan Bendungan,  Kabupaten Trenggalek.

Mereka merupakan tim program pengabdian kepada masyarakat. Program yang dilakukan bertujuan untuk mendorong produksi dan industri wisata STP. Pengabdian ini diketuai oleh Dr. Nasikhudin, S.Pd., M.Sc dengan anggota Prof. Dr. Markus Diantoro, M.Si. dan Prof. Arif Nur Afandi, M.T., Ph.D.

Mereka dibantu dua mahasiswa yaitu Nabila Hari Arimbi dan Adisria Marise Afianti. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan Sabtu (24/9) lalu. Dr. Nasikhudin, S.Pd., M.Sc mengatakan kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi adanya lahan perkemahan yang tidak memiliki penerangan sama sekali.

Berita Lainnya:  Bidang Cat Tak Sepele, SMK PIM Ikuti Kelas Indutri PT Rexton Indocoating

Sehingga salah satu tujuannya adalah memberikan penerangan yang cukup untuk tempat itu. “Selama ini, area perkemahan cukup gelap. Jadi kita pasang penerangan agar pengunjung yang berkemah di malam hari, merasa aman dan nyaman. Ini sebagai langkah awal dalam membantu mewujudkan salah satu tujuan program Sains Techno Park,” katanya.

Penerangan yang diberikan bukan listrik PLN. Inovasi dilakukan tim ini dengan memanfaatkan energi terbarukan. Lampu penerangan yang digunakan adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Tim memasang panel surya di sana.

Dengan demikian penerangan bumi perkemahan di Dillem Wilis selain hemat energi juga efisien. Tidak perlu anggaran bulanan untuk sarana penerangan. Nasikhudin berharap program pengabdian berjalan dengan lancar dan berkelanjutan serta dapat menjadi langkah awal dalam mewujudkan tujuan dari Sains Techno Park (STP).

Berita Lainnya:  MIT Ar-Roihan Gelar Seminar Parenting dan Pelatihan GPK

Pengelola Dillem Wilis, Imam mengapresiasi program pengabdian FMIPA UM yang telah membantu memperhatikan keadaan yang gelap gulita di perkemahan Dillem Wilis. “Kami senang dan tentu saja juga pada wisatawan, karena sekarang sudah ada penerangan yang cukup,” ungkapnya. Kegiatan diawali dengan acara pembukaan.

Kemudian sambutan dari ketua pelaksana pengabdian dan dilanjutkan sambutan dari pengelola Dillem Wilis. Selanjutnya adalah penyerahan serta pemasangan PLTS. Saat pemasangan panel surya juga dihadiri oleh beberapa masyarakat dan pengurus Sains Techno Park Dillem Wilis. Mereka ikut membantu tim dosen memasang panel, termasuk menerima bantuan dua set panel Surya, berdaya 120 Watt Peak. (imm/mar/adv)



BERITA LAINNYA

UMM Dorong Inovasi Insan Muda

Demi Riset, Majukan Kawasan