spot_img
Monday, June 17, 2024
spot_img

Gadingkasri Kembali Juarai Jambore Satlinmas

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Ratusan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) se Kecamatan Klojen mengikuti Jambore di Pusdiklat Kwarcab Kota Malang, Minggu (19/5) kemarin. Kelurahan Gadingkasri kembali merebut juara umum dalam jambore tersebut.

Jambore tahun kedua kali ini juga berlangsung meriah. Setelah serangkaian proses penilaian dari beberapa lomba. Setelah Kelurahan Gadingkasri, juara umum kedua direbut Kelurahan Rampal Celaket dan juara umum ketiga diraih Kelurahan Sukoharjo.  Camat Klojen Heri Sunarko menyebut, Satlinmas dari 11 kelurahan yang ada di Kecamatan Klojen ini beradu keterampilan dalam beberapa jenis lomba, seperti lomba PBB linmas, lomba yel-yel, lomba mars linmas serta joget komando linmas

“Tujuannya menyatukan hati, konsep, pikiran, gerak, langkah dari seluruh anggota linmas Kecamatan Klojen. Tujuan lainnya mempersiapkan anggota Satlinmas Kecamatan Klojen jika sewaktu waktu terjadi emergency rescue, seperti bencana alam dan sebagainya bisa memberikan respon cepat pada saudaranya yang mengalami musibah,” jelas Heri kepada Malang Posco Media.

Heri bersyukur pelaksanaan jambore tahun ini juga sukses seperti tahun lalu. Ia menilai banyak perubahan serta peningkatan keterampilan yang dimiliki oleh linmas. Ia mencontohkan, setelah jambore satlinmas pertama pada tahun kemarin, kekompakan, persatuan dan persaudaraan para linmas begitu kuat dirasakan saat momen Pilpres dan Pileg.

Hal itu sampai membuat Kecamatan Klojen sukses menjalankan rangkaian Pilpres dan Pileg tanpa masalah. Bahkan menjadi kecamatan yang tercepat di Kota Malang saat melakukan rekapitulasi suara. Maka dari itu juga, dengan adanya jambore tahun kedua ini, diharapkan para satlinmas ini bisa kembali bertugas dengan baik saat momen Pilkada akhir tahun nanti.

“Kegiatan ini harapan saya bisa diadopsi oleh empat kecamatan lain. Jadi ke depan linmas itu bersaudara, saling mengenal dan jika terjadi sesuatu mereka respon nya cepat. Kami hanya membuat pemicu saja,” tuturnya

Kapolsek Klojen Kompol Syabain Rahmad Kusriyanto menambahkan, pihaknya berharap dengan adanya kegiatan ini bisa meningkatkan sinergi dengan TNI/Polri, yakni bersama Babinkamtibmas dan Babinsa.

“Ini adalah sebuah sinergitas TNI/Polri dan Pemda. Ini titik bagus untuk tugas selanjutnya menghadapi Pilkada,” tutur Syabain.

Danramil Klojen Lettu Inf Kieswo Sudigdo juga menambahkan, beberapa jenis lomba yang terdapat dalam Jambore Satlinmas ini memang memberikan banyak manfaat. Ia mencontohkan, seperti keterampilan PBB yang diperlombakan kemarin, manfaatnya bisa meningkatkan kedisiplinan, jiwa korsa, kerjasama hingga bela negara.

“Program dari kecamatan seperti ini pasti dibutuhkan. Diharapkan mereka punya rasa memiliki kelurahannya. Sehingga tidak akan ada lagi orang itu yang tidak peduli,” tutupnya. (ian/aim)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img