spot_img
Sunday, July 14, 2024
spot_img

Gaji ke-13 Dapat Dipakai  Tambahan Biaya Liburan Selama Dua Minggu

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Lebaran di Portugal tanpa dapat THR.

APA  kabar isi dompet setelah dua minggu menikmati masa-masa lebaran? Sudah banyak pengeluaran yang melebihi biasanya karena perlu biaya mudik, liburan, berbagi unjung-unjung ke keluarga dan saudara serta membeli barang-barang baru. Pekerja kantoran sudah kembali ke kantor karena cuti yang telah habis. Para mommies apakah berat badan aman? Mudik kerumah orang tua biasanya kalap semua dilahap karena lumayan tidak perlu effort besar untuk masak sendiri. Hihihihi. Bagaimana isi dompet di Portugal?

Pembagian atau transferan Tunjangan Hari Raya (THR) adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di Indonesia. Hampir segala profesi akan mendapatkan “jatah” ini dengan besaran yang berbeda-beda tergantung dengan profesinya pasti ya. Namun berdasarkan pengalaman di tempat kerja dahulu bagi selain muslim tunjangan ini tidak cair. Tunjangan akan diberikan sesuai dengan hari besar keagamaan. Misal untuk umat Kristiani dan Katolik akan dicairkan pada Hari Natal.

Persepsi orang ketika menerima uang THR ini beragam. Ada yang mengira ini rezeki nomplok sehingga bisa segera dihabiskan. Atau bahkan karena adanya rezeki tambahan bisa untuk menambah sedekah. Sebagian lagi menjadikan THR ini momentum yang tepat untuk menabung atau berinvestasi. Mau dipakai untuk apapun bebaas sesuai dengan keinginan pemiliknya. Yang penting tidak merugikan pihak manapun dan tak lupa menunaikan kewajibannya untuk membayar zakat sebelum hari raya.

Gaji ke-13 dibuat dana liburan dan wisata.

Apakah kami warga Indonesia juga mendapatkan THR di Portugal??

Jawabannya, jelas TIDAK!!! HRD perusahaan di Portugal tidak mengenal adanya Hari Raya Idul Fitri untuk orang Indonesia. Hihihi. Mendekati Hari Raya Idul Fitri juga tidak ada uang yang tiba-tiba jatuh dari langit. Hahaha. Terus gimana? Kasihan doong tidak para istri tidak dapat THR dari suaminya?

NO THR NO Cries Moms……

Portugal adalah salah satu negara di Eropa yang memberikan gaji ke-13 dan ke-14. Jadi dalam waktu setahun ada 2 kali waktu yang mendapatkan gaji dobel. Sebenarnya bukan hal yang baru. Perusahaan ternama di Indonesia banyak yang mendapatkan gaji lebih dari 12x. Bahkan besaran bonusan ini bisa 2x lipat dari gaji bulanan yang diterima. Banyak variasinya. Sedangkan di Portugal besaran gaji ke-13 dan ke-14 adalah satu kali gaji. Kapan cairnya?

 Gaji ke-13 cair di bulan Juni. Biasanya disebut dengan Tunjangan Summer Holiday. Untuk apa tujuannya? Ya untuk memberikan tambahan biaya keperluan liburan. Liburan summer hampir 2 minggu adalah hal yang biasa untuk warga Eropa. Malah para pimpinan sudah mengingatkan bawahannya untuk bersiap mengajukan cuti. Kerjaan kantor ditinggal full selama 2 minggu. Memasang notifikasi di email bahwa sedang off karena liburan. Seluruh rekan kantor tidak akan menelpon atau mengechat. Semua orang menghormati kalau koleganya sedang cuti. Liburan pun tidak perlu membawa laptop.

Terus kantornya sepi doong?

Betul sekali!! Kantor sepi, jadwal dokter juga sepi (karena dokternya juga liburan), sekolah sepi (karena siswa libur 2 bulan selama Juli sampai Agustus). Yang ramai seluruh tempat wisata, hotel, bandara, taman, dan tempat liburan lainnya. Gaji ke-13 murni dipakai untuk liburan, karena apabila mengandalkan gaji bulanan di Portugal itu sudah mepet sekali untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Sebagian untuk hidup, sebagian untuk ditabung, dan sebagian untuk dana darurat.

Gaji ke-14 dibuat menikmati liburan Natal dan Tahun Baru.

Sedangkan gaji ke-14 cair di bulan Desember. Tujuannya untuk Tunjangan Hari Natal. Disini memerlukan dana besar untuk membeli dan berbagi kado Natal, mudik kerumah orang tuanya (seperti layaknya lebaran), dan juga untuk liburan. Hampir semua orang akan mengambil cuti panjang Natal dan Tahun Baru. Yang tidak cuti hanya pegawai mall saja. Seluruh mall buka nonstop dengan berbagai banyak diskon. Butuh banyak dana tambahan di akhir tahun untuk berfoya-foya.

Kok bisa ambil jatah libur panjang sekali??

Karyawan di Portugal mendapatkan jatah cuti rata-rata 22 hari per tahun. Dimana di Indonesia normally hanya mendapat jatah 12 hari per tahun. Cuti yang banyak sekali ini dimanfaatkan seluruh warga Portugal untuk mengambil liburan musim panas dan liburan natal tahun baru. Apabila cutinya belum habis maka bisa diperpanjang untuk tahun berikutnya (ketentuan masing-masing perusahaan berbeda). Nikmat kan??

Ada lagi perusahaan yang menerapkan apabila hari itu adalah public holiday di Portugal maka karyawannya tidak ikutan libur. Terus pergi kemana jatah liburnya? Dikumpulkan semua kemudian bisa digunakan untuk memperpanjang masa cuti yang diambil saat summer holiday atau Christmas. Sehingga seolah-olah sangaaaaat panjang liburnya. Sistem kerja di Eropa sangat fleksibel khususnya di Portugal. Sangat santai. Berbeda dengan sistem kerja di Asia atau Amerika yang terkenal dengan Workaholic. Kerja mati-matian sampai mencapai target. No istirahat, Cuti pun juga tetap diikuti kerjaan. Siapa yang relate??? Hihihihi

Liburan tidak jauh-jauh cukup di dalam kota saja.

Tujuan adalah gaji ke-13 dan ke-14 di Portugal ini adalah menyeimbangkan dengan gaji di negara Eropa lainnya. Contohnya saja di Swiss. Swiss tidak menerapkan adanya dua gaji tambahan ini. Mereka memberikan normal 12 kali gaji. Karena gajinya sudah besar. Sehingga apabila Portugal memberikan 14 kali gaji, nanti rata-rata gaji tahunan akan mendekati. Tidak sama besar seperti gaji di Swiss ya bundaaah. Gaji UMR di Portugal adalah 820 Euros per bulan atau setara Rp. 14.000.000 (diberikan 14x). Kalau diberikan 12x maka 956 Euros (Rp. 16.300.000). Ada sebagian Perusahaan yang menawarkan gaji langsung dibagi rata diberikan selama 12x atau normal menerima 2x tambahan.

Selain itu jangan lupa ada nominal pajak yang perlu dibayar. Artinya hal tersebut mengurangi gaji. Semakin besar gajinya, pajaknya semakin besar, potongannya semakin besar, daaan semakin sedikit pun yang diterima. Bisa jadi naik gaji tapi secara nett yang diterima tidak begitu banyak.

Tertarik hidup dengan gaji 14 juta rupiah di Portugal dengan kebutuhan serba mahal ala Eropa atau mending hidup 14 juta rupiah hidup di Jakarta? Tulis di kolom komentar yaa, Uppps bercanda, hehe. Mau diskusi lebih lanjut follow IG: @okkyputri.(OPP/MPM)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img