MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Perkembangan dunia digital menjadi potensi tersendiri untuk meningkatkan peluang usaha bagi masyarakat. Hal itu seperti tercermin di salah satu platform perbelanjaan online Shopee, yang menjadi salah satu aplikasi yang digemari masyarakat.
Menyikapi hal itu, Universitas Wisnuwardhana menggelar e-talkshow bersama Kampus UMKM Shopee, Sabtu (23/4). Dengan menghadirkan praktisi di bidangnya secara langsung, e-talkshow yang bertajuk ‘Digital Marketing Zaman Now’ ini memberi wawasan yang luas kepada para mahasiswa Universitas Wisnuwardhana betapa potensialnya penjualan dalam platform online.
“Ini pengetahuan bagi mahasiswa, karena dalam kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka, mahasiswa tidak hanya dituntut belajar di kampus saja. Tapi mereka juga harus mampu untuk mandiri juga harus belajar di luar kampus,” tegas Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wisnuwardhana Malang Dr. Endang Sungkowati M.Si saat membuka e-talkshow.
Dalam e-talkshow itu, hadir secara langsung narasumber dari Kampus UMKM Shopee yakni Gunawan Prianto. Kampus UMKM Shopee sendiri merupakan sebuah wadah untuk komunitas penjual Shoppe untuk meningkatkan penjualan hingga naik level hingga pasar internasional.
Dijelaskan Gunawan, bercermin ketika terjadinya pandemi, penjualan online telah mengalahkan transaksi penjualan secara offline di Indonesia. Terlebih banyak kemudahan yang ditawarkan di dalam aplikasinya itu sendiri.
“Keunggulan menggunakan online, pertama menjangkau pembeli baru. Sampai sekarang traffic terbukti naik terus. Kemudian mendapatkan pendapatan baru. Kemudian distribusi luas dengan jasa kirim. Lalu fleksibel dan cocok bagi semua kalangan. Bagi ibu-ibu teman-teman yang sibuk. Tidak ada waktu mengikat bahkan sampai 24 jam bisa,” beber Gunawan.
Shopee juga memberikan berbagai program dan fasilitas untuk pengembangan UMKM. Sebut saja seperti gratis ongkir, berbagai macam jasa kirim, berbagai macam metode pembayaran, penggunaan aplikasi mudah dan terupdate hingga program ekspor ke tujuh negara.
Senada, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wisnuwardhana Roy Anugrah S.E M.Bus pun juga menilai bahwa marketing melalui platform digital sangat penting dan mempunyai banyak keunggulan. Misalnya seperti tidak adanya biaya buka toko, layanan bisa 24 jam hingga kemudahan penjualan barang.
“Penghasilannya cukup lumayan untuk pendapatannya. Disini saya ngepush mahasiswa saya, selama berkuliah di Unidha kita bisa langsung berdiskusi terkait hal itu,” ujar Roy.
Miya Ayu Nugraha, salah satu mahasiswa Universitas Wisnuwardhana yang juga merupakan pelaku usaha di Shopee juga mengaku sangat terbantu saat berjualan secara online. Kini omzetnya setidaknya sudah lebih dari Rp 3 juta per bulan. (ian/ley)