spot_img
Monday, July 15, 2024
spot_img

Ganisa Pratiwi Rumpoko; Fokus Garap Pemuda dan Sport Tourism Kota Batu

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Caleg terpilih dari PDIP Kota Batu, Ganisa Pratiwi Rumpoko akan fokus pada pemuda dan juga sport tourism yang ada di Kota Batu. Caleg dari Dapil 1 yang meliputi Desa Sumberejo, Sidomulyo, Pesanggrahan, Ngaglik dan Songgokerto tersebut berhasil mengamankan 2.378 suara.

Kepada Malang Posco Media, Ganis mengungkapkan kedepan akan tetap memfokuskan pada program pemuda dan sport tourism yang ada di Kota Batu. Menurutnya SDM pemuda di Kota Batu sangat banyak dan berpotensi untuk dapat memajukan Kota Wisata ini.

“Saya tetap fokus di pemuda dan sport tourism. Disini memang anak muda yang paling banyak mempromosikan terkait dengan pariwisata. Bahkan untuk UMKM yang berkembang disini banyak pengelolanya dari anak muda. Jadi potensi ini dapat terus dikembangkan untuk memaksimalkan peran mereka,” paparnya.

Ia sudah sangat familiar dengan dunia politik. Perempuan alumni UGM tersebut sudah sejak kuliah terjun menjadi relawan politik. Sehingga jiwa politik selain dibentuk oleh pribadinya, juga sedikit dipengaruhi oleh kedua orang tuanya yang sudah lebih dulu terjun di dunia politik.

“Kalau menjadi politisi dan aktif di partai itu sudah sepuluh tahun yang lalu. Sebelumnya ikut daftar juga, namun belum terpilih. Alhamdulillah tahun ini diberi amanah tersebut. Awalnya memang dari relawan itu sendiri, baru paham terkait dunia politik dan jika mau merubah sesuatu yang harus dari dalam ya, makanya masuk ke politik ini,” ungkapnya.

Dilanjutnya, pemuda memiliki tanggung jawab besar untuk dapat mengawal politik di Indonesia. Meskipun tidak terjun langsung ke dunia politisi, namun setidaknya memahami terkait dengan kondisi politik yang terjadi di sekitaran menjadi hal yang harus dilakukan oleh generasi muda saat ini.

“Potensi anak muda di Batu ini sangat tinggi. Namun sayangnya untuk fasilitas pendidikan ke jenjang perguruan tinggi masih sangat jarang. Kebanyakan larinya ke Kota Malang. Setelah sekolah di sana, banyak yang nyaman dan berkarir disana. Ini yang jadi PR sebenarnya,” terangnya.

Potensi lapangan pekerjaan untuk SDM pemuda juga cukup besar. Apalagi dengan perkembangan dari sektor pariwisata. Dengan pemanfaatan potensi pemuda, diharapkan bisa turut membangun dan mengembangkan perekonomian yang ada di Kota Batu.

Disisi lain, fokus yang sedang dilakukan yakni dengan mengembangkan sport tourism yang mendukung sektor pariwisata di Kota Batu. Menurutnya untuk pariwisata olahraga di kota ini bisa dikembangkan lebih lagi.

“Mengapa saya membuat wacana sport tourism karena di Batu sudah dikenal dengan wisatanya. Namun dunia pariwisata itu selalu ada masanya dan pembaharuan. Kita lihat di desa wisata lain itu aktif bikin kegiatan. Jadi orang kesana ada alasannya,” ucapnya.

Potensi sport tourism cukup tinggi di Kota Batu. Apalagi sudah ada semacam paralayang, downhill dan sebagainya. Potensi ini bisa terus dikembangkan kedepannya dengan sport tourism ini.

“Dua potensi itu yang kedepan akan terus dikembangkan. Untuk bersama-sama memajukan Kota Batu dan mengembangkan perekonomian yang ada di kota ini,” tandasnya. (adm/jon)

Nama : Ganisa Pratiwi Rumpoko

Tanggal Lahir : Malang, 16 Agustus 1990

Organisasi : Ketua Askot PSSI Kota Batu 2022-2026

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img