spot_img
Friday, June 14, 2024
spot_img

Geber Event 109 Meriahkan HUT Kota Malang

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Pasca Hari Raya Idul Fitri, sederet festival atau acara hiburan rakyat bakal digelar di Kota Malang. Terutama untuk memeriahkan momen HUT ke-109 Kota Malang yang sempat tertunda selama bulan Ramadan lalu.


Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Malang Baihaqi setidaknya ada tiga festival besar yang akan terselenggara di Kota Malang pada bulan Mei ini.


“Yaitu nanti ada Malang Creativa Festival 2 dan kemudian ada Event 109 Kota Malang di Kayutangan,” ungkap Baihaqi kepada Malang Posco Media.


Sebagaimana diketahui dua event tersebut sebelumnya sukses besar menyedot animo masyarakat Kota Malang. Sebelumnya Malang Creativa Festival banyak dikunjungi oleh masyarakat dan wisatawan. Tahun ini bakal lebih meriah karena banyak hiburan dan sajian kuliner yang akan melengkapinya.


Begitu juga event 108 di Kayutangan tahun lalu, puluhan ribu masyarakat dari berbagai penjuru Kota Malang memenuhi seluruh koridor Kayutangan untuk menyaksikan berbagai hiburan. Hampir sama dengan tahun lalu, rencananya event 109 nanti juga bakal dilakukan seharian dari pagi hingga malam.


“Konsep Event 109 kita nanti memadukan semua para penggiat musik dan seni tumplek blek di Kayutangan. Kita kembangkan lebih ramai daripada 108 tahun kemarin,” tukasnya.


Event 109 ini juga nantinya menghadirkan bermacam-macam acara. Tidak hanya penampilan musik dan seni, namun juga ada fashion show dan kegiatan lain yang bermanfaat. Hal ini dilakukan supaya event 109 bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat Kota Malang.


” Insya Allah event 109 digelar tanggal 28 Mei di Kayutangan. Jadi ada festival musik dan macam-macam itu kita tampilkan dalam rangka menghibur masyarakat Kota Malang,” tegasnya.


Tidak hanya itu, Kota Malang juga telah ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaran Festival Olahraga Rekreasi Daerah (Forda) Jatim yang pertama kali. Ia memperkirakan Forda pertama ini bakal diramaikan hingga ribuan pengunjung.


“Diperkirakan nanti pengunjung dan pegiat olahraga bisa mencapai diatas 10 ribu. Dan itu potensi PAD (Pendapatan Asli Daerah) khususnya untuk peningkatan UMKM. Lalu hotel juga bakal penuh, sehingga kolaborasi sinerginya nanti luar biasa,” ungkapnya.


Sesuai hasil rapat teknis terkini, festival olahraga terbesar itu rencananya berlangsung selama empat hari. Yakni mulai 27 Mei hingga 30 Mei mendatang. Pembukaannya akan digelar di Graha Cakrawal Universitas Negeri Malang.


Berbagai jenis lomba pun akan diselenggarakan, yakni khususnya untuk olahraga rekreasi dan tradisional. Misalnya seperti olahraga kesehatan senam jantung, dansa, tarung tradisional, sepeda tua, hingga olahraga-olahraga tradisional.


“Yang sudah menyatakan ikut ada 22 kabupaten kota dari 31 cabang olahraga organisasi masyarakat. Ada 109 jenis pertandingan dan venuenya ada di 17 venue di Kota Malang,” sebut Baihaqi. (ian/aim/mpm)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img