spot_img
Friday, March 1, 2024
spot_img

Gebyar Kreasi Anak Bangsa SMP Insan Amanah Malang; Kembangkan Potensi dan Tumbuhkan Daya Kompetisi Siswa

Berita Lainnya

Berita Terbaru

PERCAYA DIRI: Penampilan salah satu peserta saat tampil dalam lomba Baca Berita di hadapan juri.

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Untuk pertama kalinya, SMP Insan Amanah menggelar kegiatan Gebyar Kreasi Anak Bangsa (GKAB 1.0). Puncak GKAB 1.0 dilaksanakan Sabtu (20/1) lalu. Kegiatan ini sukses diikuti ratusan siswa SD/MI se Malang Raya. Mereka antusias mengikuti setiap perlombaan.

Jenis perlombaan yang digelar antara lain Tahfidz Juz 30, Dai Cilik, Futsal, Desain Poster, Pembaca Berita, dan Koki Cilik. Rangkaian kegiatan sudah dilaksanakan sejak Kamis (18/1) lalu. Diawali dengan pertandingan futsal.

KREATIF: Salah satu peserta lomba Koki Cilik menunjukkan karya kreasinya

Puncak GKAB 1.0 akhir pekan lalu, dimeriahkan dengan bazar aneka makanan oleh siswa dan sponsor, open house SMP Insan Amanah, dan ajang kreasi siswa SMP Insan Amanah dari berbagai bidang ekstrakurikuler.

Kepala SMP Insan Amanah, Sri Endah Pujiningrum, S.Si mengatakan GKAB 1.0 punya tujuan besar dalam mengembangkan potensi diri peserta didik. Terutama para peserta dari tingkat Sekolah Dasar.

“Kami ingin memberikan kesempatan pada anak SD/MI untuk mengembangkan kemampuan mereka melalui ajang kompetisi. Supaya bakat dan kemampuan mereka berkembang dan memiliki rasa percaya diri,” katanya.

Misi GKAB 1.0 juga untuk memperkuat hubungan silaturahmi antara SMP Insan Amanah dengan SD/MI di Malang Raya. Dengan kegiatan ini diharapkan SMP Insan Amanah semakin dikenal. Terutama program-program pendidikan dan pengajaran yang dilaksanakan sekolah ini. “Kegiatan ini sebagai wahana untuk kami memperkenalkan SMP Insan Amanah kepada masyarakat,” ucap Endah.

GKAB tidak hanya memberikan mabfaat untuk siswa SD/MI sebagai peserta. Tetapi juga memberikan manfaat besar untuk siswa-siswi SMP Insan Amanah sendiri. Karena mereka terlibat langsung dalam acara. Baik dalam teknik pelaksanaan maupun pengisi acara.

Pada Puncak GKAB terdapat panggung besar. Panggung utama ini juga digunakan untuk siswa SMP Insan Amanah unjuk kebolehan di bidang non akademik. Dalam unjuk kebolehan tersebut diharapkan mampu mematangkan jiwa leadership dan keterampilan siswa.

“Untuk anak didik kami sendiri kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi, menguatkan karakter mandiri, membentuk rasa percaya diri serta sebagai sarana menyalurkan bakat dan minat mereka,” kata Endah.

Kegiatan GKAB 1.0 dibuka secara simbolis dengan pemukulan gong dan penyematan nomor peserta oleh perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang, Bapak Dodik Teguh Pribadi, M.Pd. selaku Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar, Didampingi oleh Kepala Sekolah Sri Endah Pujiningrum, S.Si., S.Pd, dan Pengurus Yayasan Insan Amanah, Drs. Saleh Albaity.

Setelah acara resmi dibuka, para peserta lomba pun dipersilakan untuk menuju lokasi lomba masing-masing. Sembari memeriahkan pelaksanaan lomba, ditampilkan pula aksi unjuk bakat ajang kreasi siswa SMP Insan Amanah. Seperti penampilan pidato sembilan bahasa, aksi dribbling bola, pencak silat, nasyid, band, dan pentas teater. Ajang kreasi siswa tersebut sukses memukau seluruh hadirin, terutama pentas teater yang memicu gelak tawa dari hadirin.

SELAMAT: Kepala SMP Insan Amanah, Sri Endah Pujiningrum, S.Si memberikan hadiah kepada tim SD Insan Amanah sebagai Juara Umum Gebyar Kreasi Anak Bangsa

“Kegiatannya menarik, banyak hal seru, semoga nanti bisa menang dan dapat banyak doorprize,” ujar salah satu peserta Lomba Dai Cilik, Soraya Karimah, dari SD Muhammadiyah 5 Kota Malang.

Dia menambahkan, bahwa GKAB 1.0 ini merupakan rangkaian dari Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024-2025. “Meskipun kami masih baru, tetapi kami berani membuat gebrakan dengan mengadakan kegiatan ini. Terima kasih untuk semua pihak yang berperan dan mendukung,” ujar Endah dalam sambutannya.

Adapun rangkaian PPDB SMP Insan Amanah sendiri dimulai dengan pendaftaran online dan verifikasi data pada 20 Januari sampai 1 Februari 2024. Proses seleksi pada 3 Februari 2024, pengumuman tanggal 13 Februari 2024, dan Daftar Ulang pada 13 sampai 16 Februari 2024. (adv/imm)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img