spot_img
spot_img
Sunday, April 14, 2024
spot_img
spot_img

SD NU Blimbing Kota Malang

Gelar Kirab, Siswa Antusias Sambut Ramadan

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Jalan LA Sucipto Blimbing, Sabtu (18/3) pagi kemarin sempat macet. Beberapa petugas kepolisian terlihat sibuk mengatur lalu lintas di sebelah timur perlintasan rel kereta api. Anak-anak berbusana putih tampak berbaris rapi disitu.

Kepala SD NU Blimbing Dewi Maryam

Terdengar juga alunan musik drumband yang juga menjadi perhatian warga dan pengguna jalan. Rupanya ada Kirab Ramadan. Kegiatan ini digelar SD NU Blimbing Kota Malang, yang berlokasi di Jalan LA Sucipto.

Pukul 07.00 WIB pagi kemarin, siswa mulai berdatangan dan berkumpul di sisi utara jalan. Acara dimulai dengan pelepasan balon. Selanjutnya ada penampilan siswa yang tergabung dalam ekstra drumband.

Kepala SDNU Blimbing Dewi Maryam, mengatakan, sudah menjadi budaya bagi warga SDNU untuk menyambut Bulan Ramadan dengan suka cita. Salah satunya dengan menggelar kirab. “Kita sisipkan semangat syiar ramadan dan syiar Islam dalam kegiatan kirab ini,” katanya.

SIMBOLIS: Kirab Ramadan dibuka dengan pelepasan balon warna warni

Kirab dimulai tepat pukul 7.30 WIB. Para siswa berjalan dengan tertib. Mereka berjalan sambil melantunkan salawat nabi. Diiringi juga musik drumband yang semakin menambah warna kegiatan tersebut. Para siswa juga membawa poster dengan berbagai macam tulisan tentang datangnya Bulan Ramadan. Seperti, Marhaban ya Ramadan, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa, Ramadan Karim, dan sebagainya.

Para siswa peserta kirab dibimbing oleh para guru dan dibantu petugas kepolisian. Start dari Jalan LA Sucipto, melalui Jalan Satria, Jalan Glintung hingga kembali ke sekolah. Kirab berlangsung dengan tertib dan aman.

SEMANGAT: Para siswa tampak semangat mengikuti kegiatan kirab dengan membawa aneka macam poster bertemakan ramadan

Usai kegiatan kirab siswa menikmati bazar. Di sekolah sudah berjejer beberapa stand bazar yang menyediakan aneka makanan dan minuman. “Kegiatan ini didukung oleh paguyuban orang tua. Mereka ikut membantu dalam pelaksanaan acara termasuk juga stand bazar,” ujar Dewi.

Ia menjelaskan penting bagi siswa SDNU untuk menyambut Bulan Ramadan. Menurutnya, bulan ini bukan bulan biasa. Maka harus disambut dengan semangat ketakwaan. “Selain untuk syiar, di kirab ramadan ini kita mengusung semangat silaturahmi. Sebagai upaya peningkatan ketakwaan kepada Allah, dan menjadikan anak-anak kita saleh dan salehah,” terang Dewi.

Ketua Muslimat NU Kecamatan Blimbing ini menambahkan, silaturahmi menjadi media untuk sekaligus mengenalkan lembaga kepada masyarakat. SD NU Blimbing memiliki program-program unggulan yang strategis yang perlu dikenalkan kepada warga sekitar. “Kegiatan ini juga sekaligus ajang promosi kami kepada masyarakat,” katanya.

KOMPAK: Paguyuban orang tua siswa turut semangat mengikuti kegiatan menyambut Ramadan

Sementara itu, siswa terlihat antusias mengikuti kegiatan. Terutama mereka yang tampil dalam grup drumband. Penyambutan Bulan Suci Ramadan menjadi kesempatan bagi mereka untuk tampil di publik. “Tentu ini menjadi momentum bagi anak-anak kami untuk unjuk bakat dan kreativitas. Drumband menjadi salah satu program unggulan kami di bidang pembinaan bakat anak-anak,” tutur Dewi.

Tidak sampai disitu, kemeriahan Kirab Ramadan berlanjut dengan pembagian doorprize bagi siswa. Semua siswa dapat. Ratusan doorprize diberikan kepada mereka supaya tetap rajin belajar, berlatih dan semangat menyambut Bulan Ramadan.

Dewi mengungkapkan, tidak hanya siswa, tetapi guru dan semua karyawan SD NU juga mendapat doorprize ini. “Ini bagian dari kami untuk memberikan apresiasi kepada mereka. Supaya anak-anak tetap semangat dan bergembira menyambut Bulan Puasa,” pungkasnya. (imm/adv/nug)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img