spot_img
Sunday, February 25, 2024
spot_img

Gelar Meet Expert, Siswa SMK PIM Diajarkan Jadi MC Bahasa Jawa

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- SMK Putra Indonesia Malang (PIM) menggelar Meet Expert komunikasi Bahasa Jawa secara rutin pada bulan November 2023 lalu. SMK pelopor konsentrasi Keahlian Teknik Kimia Industri dan Farmasi Industri ini menghadirkan pemateri ahli dalam MC Bahasa Jawa, Eko Ujang K.D., SS. Pimpinan Komunitas Tari Laras Aji Malang.

“Kegiatan meet expert komunikasi pelatihan Bahasa Jawa merupakan salah satu materi yang terdapat di semester ganjil kelas XI. Materi tersebut masuk dalam elemen berbicara dan mempresentasikan dengan tujuan pembelajaran yaitu menampilkan pewara/ pidato sesuai dengan kaidah,” kata Novi Susanti, S.Pd, pengampu mata pelajaran Bahasa Jawa.

Lebih lanjut, materi Bahasa Jawa sebelumnya yang dibahas adalah upacara adat. Materi ini membahas upacara temu manten, tingkeban, tedhak sinten dan sebagainya, sehingga pada kegiatan meet expert ini dihadirkan pemateri yang memang ahli dibidang MC temu manten.

“Goals dari kegiatan ini diakhir semester genap akan ada praktik temu manten, dan harapannya peserta didik sudah mendapatkan bekal memandu acara temu manten dari pemateri ahli yang dihadirkan,” jelasnya.

Diana Amalia Subrata, peserta didik konsentrasi Keahlian Teknik Kimia Industri mengaku terkesan setelah mengikuti kegiatan meet expert Bahasa Jawa MC. Dia sangat senang sekali, karena bisa belajar bagaimana menjadi MC jawa yang benar dan baik.

“Menjadi seorang MC itu tidak mudah. MC bahasa Indonesia saja susah, apalagi menjadi MC Jawa. Saya bisa belajar struktur MC Jawa, bahasa, musik yang digunakan selama temu manten Jawa memiliki makna yang berbeda,” tutur alumni SMPN 1 Panji Situbondo.

Peserta didik kelas XI yang merupakan Ketua MPK Periode 2023/2024 menambahkan bahwa belajar MC Jawa itu menyenangkan karena kita bisa belajar hal baru dan memiliki pengalaman baru.

“Pada saat meet expert pemateri menjelaskannya dengan detail sehingga mudah dipahami, apalagi kita diberi kesempatan untuk praktik secara langsung menjadi seorang MC Jawa yang memberikan pemahaman lebih bagi kita,” pungkasnya.

SMK PIM membuka pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 jalur prestasi hingga 31 Desember 2023. Dapatkan free formulir, potongan biaya pendidikan. Informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website smkpim.sch.id. (mar)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img